Fungsi Asam Lambung pada Sistem Pencernaan Manusia

Diposkan oleh : pada tanggal 18 Aug. 2016 Kategori Masalah Kesehatan

Sistem pencernaan merupakan sistem yang memproses makanan dan menyerap sari makanan yang berupa nutrisi-nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Sistem pencernaan juga akan memcah molekul makanan yang kompleks menjadi molekul yang sederhana dengan bantuan enzim, sehingga mudah dicerna oleh tubuh.

Fungsi Asam Lambung pada Sistem Pencernaan Manusia

lambung merupakan salah satu saluran cerna dalam sistem pencernaan manusia. Lambung yaitu sebuah kantong besar yang terletak dibagian atas rongga perut. Lambung berbentuk menyerupai kantong yang memiliki dinding tebal. Lambung bagian dalam dilapisi oleh epithelium yang mengandung kelenjar-kelenjar pencernaan.

Kelenjar pencernaan pada lambung menghasilkan suatu senyawa yang sering disebut dengan getah lambung. Getah lambung ini berfungsi untuk mencerna makanan. Pencernaan makanan mulai dari lambung ini dilakukan secara tidak sadar oleh tubuh. Getah lambung terdiri dari asam lambung yaitu HCl, enzim lipase dan hormon gastrin.

Fungsi Asam Lambung pada Pencernaan Manusia

Asam lambung merupakan senyawa yang memiliki rumus kimia HCl atau asam klorida. Senyawa ini bersifat asam. Kadar HCl dalam asam lambung adalah sekitar 0.5% dari total getal lambung. Asam lambung berfungsi untuk membantu memproses pencernaan makanan sehingga makanan yang dikonsumsi menjadi mudah di cerna atau dilumatkan didalam lambung. Makanan yang dicerna kemudian berubah menjadi cair dan nurisi yang ada pada makanan tersebut akan disalurkan dan diserap oleh tubuh.

Fungsi asam lambung pada pencernaan manusia yang lainnya yaitu untuk mempercepat reaksi atara air, protein, dan pepsin. Selain itu, asam lambung juga dapat mengendorkan pilorus, karena HCl bersifat asam denganpH kurang lebih 1-3.

Asam lambung akan membunuh bibit penyakit yang masuk ke dalam tubuh bersama-sama dengan bahan makanan. Pada dinding lambung terdapat lendir yang disebut dengan mukus yang berfungsi untuk melindungi lambung. Tapi, jika jumlah lendir terlalu sedikit atau sebaliknya asam lambung terlalu banyak, maka bisa terjadi luka pada dinding lambung. Gejala ini kemudian menimbulkan penyakit maag.

Penyakit maag dapat timbul karena kelebihan HCl. Produksi HCl ini dapat dipicu oleh makanan dan minuma, seperti makanan pedas, alkohol, kopi, dan nikotin. Tidak hanya itu, juga bisa dipicu oleh tekanan pikiran (stress). Asam lambung yang berlebihan ini dapat mengikis dinding lambung. Gejala dari penyakit ini yang biasa timbul yaitu terasa nyeri dibagian dada.

Untuk mengobati asam lambung yang berlebih memang baik menggunakan obat jenis antasida. Namun, yang perlu diketahui yaitu jika terjadi peningkatan asam lambung, maka oleh sifat asam yang korosif/mengikis pada dinding lambung, lama kelamaan akan membuat peradangan atau iritasi pada dinding lambung. Dan jika kondisi tersebut tidak dipulihkan, maka lama kelamaan akan membuat kondisi lambung menjadi kronis dan bahkan dapat menyebabkan kanker lambung atau pencernaan.

Fungsi Asam Lambung pada Sistem Pencernaan Manusia Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Sistem pencernaan merupakan sistem yang memproses makanan dan menyerap sari makanan yang berupa nutrisi-nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Sistem pencernaan juga akan memcah molekul makanan yang kompleks menjadi molekul yang sederhana dengan bantuan enzim,...
Masalah Kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *