Faktor Penyebab Sistem Kekebalan Tubuh Melemah

Diposkan oleh : pada tanggal 17 Apr. 2015 Kategori Masalah Kesehatan

Tips sehat online kali ini akan membahas tentang faktor penyebab sistem kekebalan tubuh melemah. Kalau sistem kekebalan tubuh sudah melemah, maka tubuh pun akan rentan terkena berbagai macam penyakit . Banyak hal yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh antara lain, tidak cukup tidur, tidak menjaga kebersihan, gaya hidup yang tidak sehat, jarang berolahraga atau bahkan terlalu banyak berolahraga, dan lain-lain. Agar tubuh selalu sehat dan bugar maka, harus menjaga sistem kekebalan tubuh. Karena dengan kondisi tubuh yang sehat & bugar, maka anda bisa melakukan berbagai macam aktifitas dalam keseharian.

sistem kekebalan tubuh lemah
Faktor Penyebab Sistem Kekebalan Tubuh Melemah

1.Terlalu pasif atau cenderung berdiam diri

Terlalu pasif atau cenderung berdiam diri & jarang melakukan berbagai kegiatan. Ambil contoh duduk sepanjang hari di depan layar komputer. Hal tersebut tentu saja secara perlahan-lahan dapat membuat sistem kekebalan tubuh menurun, kemampuan tubuh dalam menyerap nutrisi yang didapatkan melalui berbagai macam makanan akan lebih lambat.

2.Mengkonsumsi makanan cepat saji

Penelitian mengungkapkan bahwa tepung terigu di sejumlah makanan panggang bisa melemahkan sel T dan sel B di dalam tubuh. Padahal sel T dan sel B tersebut memiliki peran vital untuk mencegah penyakit.

3.Merokok

Ribuan racun yang ada dalam asap rokok dapat mempengaruhi sel-sel kekebalan dalam tubuh dengan merusak fungsinya atau mengubah jumlah sel kekebalan tubuh. Hal ini menjelaskan mengapa perokok lebih rentan terhadap kondisi pernafasan parah seperti asma, bronkitis & pneumonia.

3.Mengkonsumsi minuman alkohol

Efek dari konsumsi alkohol yang berlebihan dan bagaimana hal itu dapat menghancurkan sel-sel antibodi tubuh yang diperlukan untuk melawan sel yang terinfeksi oleh virus..

4.Tidak cukup tidur

Penting untuk mendapatkan istirahat yang cukup melalui tidar malam yang baik, untuk memungkinkan sistem kekebalan tubuh berfungsi dengan baik. Ketika anda tidur, tubuh anda mampu mengembalikan fungsi dna mengisi bahan bakar alami, termasuk sistem kekebalan tubuh. Apabila anda membatasi jumlah jam tidur secara konsisten, maka berisiko tinggi infeksi dan kondisi kesehatan serius seperti stroke, hipertensi, diabetes, obesitas & penyakit jantung.

5.Kurang olahraga

Penelitian telah menunjukan bahwa tetap aktif melalui olahraga rutin dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan jumlah sel darah putih dalam tubuh, yang mana membantu melawan segala macam penyakit. Pastikan juga memberikan tubuh anda waktu yang cukup untuk beristirahat.

6.Terlalu banyak olahraga

Penelitian menunjukan bahwa terlalu banyak olahraga dapat menyebabkan ketegangan fisik pada tubuh, yang dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.

Terlalu banyak olahraga juga dapat menyebabkan masalah dengan sistem kardiovaskular dan dapat memberati sistem kekebalan tubuh anda. Selain itu, mendapatkan istirahat yang cukup pemulihan bagi sistem kekebaln tubuh.

7.Stres

Tingkat stres yang tinggi dapat membuat ketidakseimbangan hormonal dalam tubuh, merusak fungsi sistem kekebalan tubuh yang dapat mempengaruhi cara tubuh anda pulih dari luka dan bahkan menyebabkan kondisi kesehatan lebih serius.

8.Kelebihan berat badan

Para ilmuwan telah menunjukan bahwa obesitas dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Studi lebih lanjut diperlukan untuk menemukan hubungan langsung antara obesitas dan peningkatan risiko infeksi karena sistem kekebalan tubuh melemah, penting untuk mengkonsumsi makanan sehat dan rutin berolahraga jika anda mengalami obesitas untuk mengurangi risiko komplikasi kesehatan.

Faktor Penyebab Sistem Kekebalan Tubuh Melemah Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tips sehat online kali ini akan membahas tentang faktor penyebab sistem kekebalan tubuh melemah. Kalau sistem kekebalan tubuh sudah melemah, maka tubuh pun akan rentan terkena berbagai macam penyakit . Banyak hal yang dapat...
Masalah Kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *