Faktor Penyebab Radang Sendi Dan Gejalanya

Diposkan oleh : pada tanggal 3 Aug. 2016 Kategori Masalah Kesehatan

Faktor Penyebab Radang Sendi Dan Gejalanya,- Radang sendi ialah suatu keadaan di mana sendi terasa nyeri yang berlangsung akibat adanya inflamasi atau peradangan pada tulang sendi. Peradangan bisa terjadi pada salah satu sendi atau beberapa sendi. Terutama pada sendi yang menahan beban, seperti sendi panggul, lutut dan tulang belakang.

faktor penyebab radang sendi dan gejalanya

Faktor Penyebab Radang Sendi

Walaupun faktor risiko utamanya yaitu proses penuaan, radang sendi bisa disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya :

Olahraga berat

Banyak manfaatnya bagi kesehatan bila kita rajin olahraga salah satunya sangat baik untuk kekuatan sendi. Tapi, jika setiap harinya melakukan olahraga berat tidak baik juga untuk kesehatan sendi, sebab bisa menyebabkan radang sendi. Olahraga seperti lari jarak jauh, sepak bola, gulat dan angkat beban lebih beresiko mengembangkan radang sendi dikemudian hari.

Kurangnya aktifitas fisik

Jarang olahraga bisa menyebabkan sendi dan otot-otot sendi kurang mendapat stimulasi. Faktor ini mengakibatkan sendi dan otot sendi mudah mengalami kekakuan dan peradangan. Obat Radang Sendi Tradisional

Pola makan tak sehat

Salah satu faktor risiko timbulnya radang sendi yaitu berat badan berlebih atau obesitas. Oleh karena itu, hindari pola makan yang tak sehat seperti mengonsumsi kalori berlebih bisa memicu peningkatan berat badan. Selain itu, mengkonsumsi makanan yang mempunyai kandungan purin tinggi seperti daging sapi, hati dan ikan bercangkang bisa meningkatkan risiko radang sendi akibat tingginya kadar asam urat.

Gerakan berulang pada satu sendi

Gerakan berulang terhadap satu sisi akan meningkatkan risiko terjadinya kerusakan sendi dan memicu peradangan terhadap sendi. Mereka yang berisiko ialah musisi, pengemudi, penari dan atlet profesional.

Kelebihan berat badan

Kelebihan berat badan atau dinamakan juga dengan obesitas dapat mempercepat terjadinya radang sendi. Pada orang dengan berat badan berlebih , sendi tubuh dapat bekerja lebih keras untuk menopang beban tubuh yang berlebih, maka bantalan sendi capat “rusak” dan mengakibatkan terjadinya gesekan antar tulang. Walaupun radang sendi yang dialami seseorang ialah akibat proses autoimun, berat badan berlebih terus dapat memperparah terjadinya radang sendi dan memperparah gejalanya.

Kelelahan

Kelelahan yaitu tanda radang sendi yang sering diabaikan. Kelelahan ditambahkan dengan demam atau sakit, bahkan bukan terhadap jaringan sendi bisa menjadi gejala peradangan. Apabila ini sering terjadi tanyakan pada dokter, apakah kesehatan tulang anda membutuhkan evaluasi dengan check up kesehatan secara keseluruhan.

Gejala Radang Sendi

  • Sakit terhadap sendi
  • Kaku pada sendi
  • Pembengkakan
  • Kemerahan
  • Gerak sendi terbatas
  • Terjadinya perubahan kiat berjalan
  • Kesusahan bergerak (terdengar bunyi gemeretak).

Pencegahan Radang Sendi

Untuk pencegahan terjadinya radang sendi, ada beberapa hal yang anda bisa lakukan :

  • Menjalankan pola makan sehat , kurangi dan hindari makanan yang mengandung kolesterol jahat dan mempunyai asam urat tinggi.
  • Menjalankan pola hidup sehat
  • Olahraga secara teratur
  • Menjaga kadar gula darah
  • Kelola stres
  • Menjaga berat badan

Itulah informasi mengenai faktor penyebab radang sendi dan gejalanya yang dapat kami hadirkan di website tips sehat online. Baca juga artikel menarik lainnya yang sudah kami hadirkan.

Faktor Penyebab Radang Sendi Dan Gejalanya Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Faktor Penyebab Radang Sendi Dan Gejalanya,- Radang sendi ialah suatu keadaan di mana sendi terasa nyeri yang berlangsung akibat adanya inflamasi atau peradangan pada tulang sendi. Peradangan bisa terjadi pada salah satu sendi atau...
Masalah Kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *