Fakta-fakta Asma yang Jarang Diketahui

Diposkan oleh : pada tanggal 19 Feb. 2016 Kategori Masalah Kesehatan

Asma menjadi salah satu penyakit yang bisa menyerang kapan saja pada penderitanya, ketika beberapa faktor pemicu asma ada di sekitar padra penderita.

Gejala, penyebab, dan obat asma, menjadi hal-hal yang perlu diketahui oleh anda yang memiliki risiko asma, atau bahkan bagi semua orang. Namun nyatanya masih ada beberapa faktayang belum diketahui oleh banyak orang, khususnya mereka penderita asma.

Fakta-fakta Asma yang Jarang Diketahui

fakta-fakta tentang asma (FILEminimizer)

Alergi dan asma kerap berbarengan

Beberapa penelitian menunjukan bahwa reaksi alergi yang terjadi akibat adanya alergen seperti debu, tengau, serbuk, bulu hewan peliharaan, dan sebagainya, ternyata bisa berlanjut pada peradangan saluran udara dan mengakibatkan asma.

Asma juga terjadi sampai dewasa

Jika anda menjadi salah satu penderita asma sejak masih kecil, serangan asma kemungkinan akan muncul pula ketika anda telah dewasa, Asma yang terjadi ketika dewasa ini biasanya dipicu oleh reaksi alergi, bahkan hormon dna genetik juga ruapnya bisa menjadi pemicu tambahannya.

Serangan asma tak hanya muncul saat berolahraga

Banyak penderita asma yang sering menganggap bahwa olahraga menjadi kegiatan yang tak dianjurkan bagi penderita asma, karena dapat memicu munculnya serangan asma. Namun rupanya, bukan hanya olahraga saja yang dapat memicu kambuhnya asma, kegiatan lain yang cenderung aktif bisa memungkinkan terjadinya serangan asma. Hal ini dikarenakan, saluran bronkial penyalur udara kepada paru-paru menjadi sempit setelah kita mengerahkan tenaga untuk beraktivitas. Akibatnya, terjadi kejang pada otot di sekitarnya.

Baca juga : Tips Sehat Mencegah Tumbuhnya Kista Ovarium

Sebenarnya. olahraga sendiri bisa dijalankan oleh para penderita asma, namun mereka harus memerhatikan beberapa poin penting yang mungkin bisa dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Stress memicu serangan asma

Menurut Lembaga American Lung Association, reaksi stress, seperti menangis atau kecemasan bisa menyebabkan pola pernapasan yang abnormal, sehingga mengencangkan otot di saluran pernapasan dan memicu kambuhnya asma.

PMS dapat berpengaruh pada asma

Beberapa wanita yang memiliki asma mengungkapkan, bahwa asma yang mereka alami semakin memburuk di saat sebelum menstruasi. Hal ini kemungkinan terjadi akibat perubahan estrogen yang memicu peradangan ekstra di saluran pernapasan, seperti yang dilansir liputan6.com.

Nah, itulah beberapa fakta tentang asma yang tidak banyak diketahui, namun sepertinya memang perlu kita ketahui agar semakin banyak ilmu yang kita dapatkan dan bisa menjadi tuntunan untuk hidup lebih sehat.

 

By Novita

Fakta-fakta Asma yang Jarang Diketahui Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Asma menjadi salah satu penyakit yang bisa menyerang kapan saja pada penderitanya, ketika beberapa faktor pemicu asma ada di sekitar padra penderita. Gejala, penyebab, dan obat asma, menjadi hal-hal yang perlu diketahui oleh anda...
Masalah Kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *