Efek Samping Penggunaan Softlens Dalam Jangka Panjang

Diposkan oleh : pada tanggal 14 May. 2015 Kategori Gaya Hidup Sehat

Tips Sehat Online,- Banyak orang yang suka memakai softlens, baik sebagai alat bantu penglihatan maupun sebagai bagian dari fashion. Akan tetapi, tidak sedikit orang yang harus menanggung dampak buruk yang terjadi pada mata mereka sebagai akibat pemakaian soflens yang kurang berhati-hati.

Sebenarnya, bahya atau tidaknya penggunaan softlens itu tergantung dari beberapa hal seperti tujuan pemakaian, kondisi mata pemakai, serta perawatan dan cara pemakaian softlens itu sendiri. Pada dasarnya, softlens itu alat kesehatan yang seharusnya diatur oleh badan berwenang seperti Kementerian Kesehatan. Walaupun secara umum softlens itu aman digunakan pada mata, tetapi kalau pemakaian jangka panjang tetap ada efek sampingnya. Untuk itu Hati-hati Penggunaan Softlens Terlalu Lama. Berikut ini Efek samping penggunaan softlens dalam jangka panjang.

Efek Samping Penggunaan Softlens Dalam Jangka Panjang

efek samping penggunaan sotflens dalam jangka panjang
Setiap alat atau semua hal di dunia ini pasti memiliki dampak positif dan negatif, begitu pula dengan penggunaan softlens kontak bagi kesehatan mata. Ada beberapa gangguan dan masalah yang dapat ditimbulkan dari penggunaannya pada mata seperti:

  • Terjadi iritasi mata

Penggunaan kontak lensa atau softlens secara terus menerus ditambah kurangnya perawatan pada softlens yang digunakan ataupun debu dapat mengakibatkan iritasi pada mata. Sebaiknya, untuk menghindari iritasi pada mata dapat dilakukan dengan menjaga selalu kebersihan lensa dan juga jangan sampai lensa tersebut kering. Cuci lensa dengan cairan khusus serta selalu bahwa obat tetes mata khusus penggunaan softlens sebagai pembersih debu penyebab iritasi mata.

  • Terjadi Kerusakan Pada Softlens

Penggunaan softlens tidak dianjurkan dipakai saat tidur. Hal ini dikarenakan dapat membuat softlens koyak atau sobek dalam mata, sehingga tidak nyaman dan bisa menimbulkan beberapa gangguan mata.

Softlens koyak disebabkan karena saat tidur softlens mengalami kekurangan oksigen dan mudah bergerak-gerak di dalam mata, sehingga softlens dapat pecah dan koyak. Selain itu, softlens dapat pula koyak saat melepasnya. Sebaiknya, gunakan obat tetes khusus softlens sebelum melepas lensa dalam mata.

  • Infeksi Kornea

Infeksi terjadi dikarenakan adanya kuman, virus, dan jamur serta infeksi juga dapat terjadi pada kornea mata. Penyebab dari infeksi kornea ini adalah kurangnya kebersihan lensa kontak sehingga menyebabkan terjadinya infkesi pada kornea mata. Bagi pengguna softlens sebaiknya selalu menjaga kebersihan lensa yang akan digunakan supaya tidak ditumbuhi beberapa macam kuman, bakteri dan jamur pada lensa.

  • Hypoxia

Hypoxia merupakan keadaan dimana ukuran lensa dapat terlalu besar atau terlalu kecil sehingga tidak nyaman saat digunakan. Hal tersebut dapat saja terjadi karena salah saat memilih softlens. Sebaiknya, saat ingin memilih lensa kontak, ketahui terlebih dahulu kadar air mata yang sesuai dengan lensa yang akan dipakai. Apabila memiliki kadar air mata yang lumayan banyak, maka gunakan lensa yang memiliki kadar air sedikit.

  • Edema

Merupakan penyakit mata yang menyebabkan mata merah dan berair pada saat melepas lensa pada mata serta pembuluh darah. Hal ini dikarenakan mata yang kekurangan oksigen dan kelelahan sehingga mengakibatkan pandangan kabur. Sebaiknya, ketika terjadi kondisi seperti ini, berhentilah menggunakan softlens dan istirahatkan mata supaya mendapatkan oksigen serta kembali fresh.

  • Blepharitis

Tidak semua orang cocok dengan softlens yang digunakan, sehingga menimbulkan beberapa macam gangguan pada mata seperti inflamasi pada kelopak mata. Gejala yang ditimbulkan dari penyakit blepharitis adalah kornea serasa terbakar, muncul kerak di kelopak mata dan pembuluh darah di sekitar bola mata akan tampak lebih jelas. Untuk pengobatan dilakukan dengan cara mengkompres mata menggunakan air hangat dan memeriksakan ke dokter mata untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik.

Itulah beberapa efek samping dari penggunaan softlens terlalu lama. Berhati-hatilah dalam penggunaan softlens. Tampil cantik dan menarik boleh, tapi harus di ingat juga, kesehatan lebih utama.

| Efek Samping Penggunaan Softlens Dalam Jangka Panjang

Efek Samping Penggunaan Softlens Dalam Jangka Panjang Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tips Sehat Online,- Banyak orang yang suka memakai softlens, baik sebagai alat bantu penglihatan maupun sebagai bagian dari fashion. Akan tetapi, tidak sedikit orang yang harus menanggung dampak buruk yang terjadi pada mata mereka...
Gaya Hidup Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *