Efek Negatif Minuman Berenergi

Diposkan oleh : pada tanggal 12 Jun. 2015 Kategori Gaya Hidup Sehat Masalah Kesehatan Tips Sehat

Efek Negatif Minuman Berenergi,- Selamat datang kembali di blog kami tips sehat online, kali ini kami akan memberikan informasi tentang efek negatif minuman berenergi. Minuman berenergi ialah jenis minuman yang dibuat & dikonsumsi untuk meningkatkan energi tubuh dengan cepat. Minuman berenergi seringkali menjadi pilihan banyak orang untuk menambah stamina serta energi dapat melakukan aktivitas yang begitu padat. Namun bila minuman berenergi yang diminum secara terus menerus dalam jumlah yang banyak pastinya memiliki efek negatif.

bahaya minuman berenergi

Efek Negatif Minuman Berenergi

  • Melemahkan konsentrasi. Terlalu banyak mengonsumsi minuman berenergi hingga 2-3 kali sehari dapat menyebabkan konsentrasi menjadi terganggu. Tentu hal ini dangat mempengaruhi aktifitas yang dilakukan sehari-hari.
  • Dehidrasi. Dehidrasi dapat dialami bila minuman berenergi ketika melakukan aktifitas yang membuat seseorang berkeringat. Karena kandungan kafein yang dimiliki dapat membuat ginjal bekerja lebih ekstra untuk membuang cairan tubuh. Maka dari itu, kurangi dan hindari  minuman berenergi, lebih baik mengkonsumsi minum air putih daripada minuman berenergi.
  • Merusak hati. Mengkonsumsi minuman bernergi dpaat menyebabkan kerusakan hati bila dikonsumsi sebanyak 10x dalam sehari dan dalam jangka panjang. Selain minuman berenergi, bahaya alkohol juga bisa menyebabkan kerusakan hati yang menjadi-jadi.
  • Insomnia. Kafein yang terdapat dalam minuman bernergi memiliki efek negatif seperti dapat menghalangi efek adenosin. Adenosin merupakan zat kimia otak yang bisa membantu seseorang untuk tidur. Tidak hanya itu, kafein juga bisa menyebabkan saraf otak dalam kondisi waspada setiap saat. Oleh sebab itu, mnegkonsumsi minuman berenergi menyebabkan insomnia alias susah tidur.
  • Obesitas dan diabetes. Kandungan gula yang terdapat pada minuman bernergi bisa menyebabkan penambahan berat badan. Selain itu, kandungan tersebut juga dangat berpengaruh dalam jangka panjang. Salah satunya bisa memicu penyakit diabetes.
  • Masalah pada tulang. Kafein yang terkandung pada minuman berenergi  bisa mengganggu kalsium usus. Hasilnya , bisa menyebabkan masalah terhadap pengembangan tulang yang kuat. Tidak hanya itu, minuman berenergi juga membuat peminumnya beresiko terkena osteoporosis.
  • Keguguran. Bila seorang wanita sering mengkonsumsi minuman bernergi, maka efeknya dapat menyebabkan keguguran bila telah hamil nantinya. Hal ini diakibatkan kandungan kafein yang terdapat di dalamnya. Oleh sebab itu, mengkonsumsi minuman ini sebaiknya dihentikan sejak dini supaya keguguran bisa dicegah.
  • Terjadinya ketergantungan Setiap minuman yang berenergi pasti mengandung kafein. Kafein merupakan zat yang bisa membuat seseorang ketgihan bila berlebihan dalam mengkonsumsinya. Hal ini akan memiliki efek negatif bagi tubuh.

Itulah beberapa efek negatif minuman berenergi, masih banyak lagi efek negatif minuman berenergi yaitu diantaranya dapat merusak ginjal, merasa panik dan khawatir berlebihan, sakit kepala, sering buang air kecil, kerusakan pada gigi, penambahan berat badan, jantung, kejang dan gangguan metabolik lainnya. Semoga artikel yang kami berikan dapat bermanfaat.

Efek Negatif Minuman Berenergi Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Efek Negatif Minuman Berenergi,- Selamat datang kembali di blog kami tips sehat online, kali ini kami akan memberikan informasi tentang efek negatif minuman berenergi. Minuman berenergi ialah jenis minuman yang dibuat & dikonsumsi untuk...
Gaya Hidup Sehat Masalah Kesehatan Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *