Duduk 10 Jam Sehari Bisa Sebabkan Usia Sel Menua

Diposkan oleh : pada tanggal 23 Jan. 2017 Kategori Masalah Kesehatan

Tuntutan pekerjaan atau banyaknya pekerjaan sering membuat orang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk duduk dimeja kerja atau di depan komputer. Kondisi ini ternyata tidak baik bagi kesehatan.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa duduk selama lebih dari 10 jam sehari ternyata mampu membuat seseorang secara biologis berusia 8 tahun lebih tua. Diketahui, mereka yang duduk dalam waktu yang lama dan kruang berolahraga memiliki sel-sel yang secara biologis lebih tua dari mereka yang bergerak dan aktif.

Para peneliti dari University of California (UC) menyebutkan jika orang yangmenghabiskan waktu berjam-jam duduk di meja atau kursi di rumah bisa meningkatkan beberapa risiko, seperti terjadi penuaan sel, risiko besar menderita penyakit jantung dan diabetes dibandingkan dengan mereka yang aktif dan berolahraga secara teratur.

Peneliti utama Aladdin Shadyab dari UC menjelaskan, gaya hidup wanita yang tidak sehat juga mempercepat penuaan. Agar tidak terjadi, Anda harus memperbanyak stretching saat bangun dari kursi dan meja.

Menurut Shadyab, wanita yang duduk selama lebih dari 10 jam perhari memiliki telomeres yang lebih pendek jika mereka berolahraga minumal 30 menit sehari. Sel ini ditemukan di ujung untai DNA yang dapat memperpendek usia.

Pedoman Nasional Inggris menyarankan orang dewasa harus melakukan setidaknya 150 menit latihan dengan intensitas sedang atau 75 menit dengan intensitas kuat setiap minggu. Kepala kesehatan menyarankan minimal melakukan 30 menit latihan dengan intensitas sedang selama 5 hari seminggu.

Mereka juga menyarankan semua orang dewasa harus meminimalkan jumlah waktu yang dihabiskan untuk duduk dalam waktu yang lama. Dr Shadyab mengatakan tim risetnya adalah yang pertama mengukur bagaimana kombinasi waktu duduk dan olahraga dapat memengaruhi penuaan telomere.

By. Sri

Duduk 10 Jam Sehari Bisa Sebabkan Usia Sel Menua Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tuntutan pekerjaan atau banyaknya pekerjaan sering membuat orang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk duduk dimeja kerja atau di depan komputer. Kondisi ini ternyata tidak baik bagi kesehatan. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa duduk selama lebih...
Masalah Kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *