Dampak Obati Sakit Mata dengan Air Rebusan Daun Sirih

Diposkan oleh : pada tanggal 9 Oct. 2017 Kategori kesehatan

Dampak Obati Sakit Mata dengan Air Rebusan Daun Sirih,- Mungkin Anda pernah mendengar anjuran membasuh mata dnegan air rebusan daun sirih ? Sebaiknya jangan lakukan hal tersebut !! Pasalnya hal tersebut diduga dapat menimbulkan dampak yang membahayakan mata. Untuk informasi lebih jelasnya, silahkan simak uraian di bawah ini !!

Dampak Obati Sakit Mata dengan Air Rebusan Daun Sirih

Daun sirih yang berasal dari tanaman Piper betle mengandung minyak arsiri yang terdiri dari hidroksi kavikol, kavibetol, estargiol, eugenol, metileugenol, karvakrol, terpen, seskuiterpen, fenilpropan dan tanin.

Kandungan tersebut memiliki kemampuan untuk mematikan bakteri, jamur, dan juga berperan sebagai antioksidan. Maka dari itu, daun sirih telah lama digunakan sebagai antiseptik untuk pengobatan luka luar.

Untuk mendapatkan manfaat antiseptik yang dimilikinya, sejumlah daun sirih biasanya akan direbus dana ir rebusan daun sirih tersebut selanjutnya akan digunakan sebagai obat kumur atau untuk membersihkan bagian tubuh lain.

Namun, meskipun telah terbukti memiliki sifat antiseptik, sebaiknya hindarilah penggunaan air rebusan daun sirih untuk membersihkan mata. Terlebih lagi jika dalam pemrosesannya tidak terjamin kebersihan dan kesterilan dari ekstrak daun siri yang dihasilkan, sehingga penggunaannya justru akan meningkataknr isiko trajdinya infeksi mata.

Lalu, bagaimana dampak obati sakit mata dengan air rebusan daun sirih ?

Cairan yang dihasilkan dari rebusan daun sirih akan menghasilkan ekstrak daun sirih berwaran kuning muda kehijauan dan bersifat asam, dengan pH ± 4. Semakin banyak daun sirih yang direbus, maka tingkat keasaman cairan rebusannya pun akan semakin bertambah.

Paparan cairan yang bersifat asam ini akan bereaksi dengan air mata yang melapisi permukaan mata, yang selanjutnya akan menimbulkan perubahan pH (tingkat keasaman) di permukaan maat menjadi lebih asam.

Perubahan pH ini dapat menimbulkan kerusakan para permukaan mata, yaitu pada lapisan epitel kornea dan konjungtiva. Rasa perih yang timbul setiap kali seseorang mencoba membersihkan matanya dengan air rebusan daun sirih merupakan suatu pertanda terajdinya kerusakan pada permukaan mata, terutama pada permukaan kornea yang banyak mengandung ujung-ujung serat saraf.

Daun sirih yang kotor dan tidak steril banyak mengandung mikroorganisme yang dapat menimbulkan infeksi mata. Jamur merupakan salah satu mikroorganisme yang sering ditemukan pada materi yang bersifat organik seperti daun-daunan.

Adanya keruskan pada permukaan kornea akan memudahkan jamur tersebut untuk masuk ke dalam kornea mata dan menimbulkan infeksi pada kornea mata. Infeksi jamur pada kornea mata ini dalam dunia kedokteran dikenal sebagai keratitis jamur. Pengobatan yang tidak tepat terhadap keratitis jamur seringkali akan berakhir pada kebutaan.

Maka dari itulah, sayangilah mata Anda dengan menghindari penggunaan obat-obatan untuk mengatasi penyakit mata secara sembarangan. Karena tanpa petunjuk pengobatan yang benar dari dokter, maka niat baik Anda untuk melindungi mata justru akan membawa petaka berupa hilangnya penglihatan.

By Sri Maryati

Dampak Obati Sakit Mata dengan Air Rebusan Daun Sirih Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Dampak Obati Sakit Mata dengan Air Rebusan Daun Sirih,- Mungkin Anda pernah mendengar anjuran membasuh mata dnegan air rebusan daun sirih ? Sebaiknya jangan lakukan hal tersebut !! Pasalnya hal tersebut diduga dapat menimbulkan dampak...
kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *