Dampak Negatif Merokok Sambil Minum Kopi Bagi Kesehatan

Diposkan oleh : pada tanggal 8 Sep. 2016 Kategori Masalah Kesehatan

Mengisi waktu luang dengan merokok sambil ditemani secangkir kopi telah menjadi kebiasaan yang banyak dilakukan oleh masyarakat. Bahkan, ketika berkumpul bersama rekan, sahabat, ataupun keluarga rokok dan kopi terkadang menjadi pelengkap yang tidak boleh ketinggalan. Namun, tahukan Anda jika merokok sambil minum kopi dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan ?

Dampak Negatif Merokok Sambil Minum Kopi Bagi Kesehatan

dampak-negatif-merokok-sambil-minum-kopi-bagi-kesehatan

Kopi merupakan minuman yang jika dikonsumsi ketika perut kosong tidak akan membahayakan tubuh. Namun, dosis yang berlebihan dapat menurunkan kepadatan tulang. Tetapi, Anda tidak perlu khawatir jika memasukkan sekitar 1000 mg kalsium setiap harinya meskipun Anda mengonsumsi kopi.

Kopi dapat membantu meningkatkan kewaspadaa dan meningkatkan tekanan darah, namun jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup besar, maka Anda bisa menjadi gugup, mengantuk, dehidrasi, dan lelah.

Disamping itu, dengan menghirup asap rokok, maka akan merusak sistem saraf pusat, kadar gula darah meningkat, pembuluh darah menyusut, serta arteri semakin rusak. Ahli gizi menjelaskan bahwa kopi bersifat asam jika masuk ke dalam tubuh. Dan jika dikombinasikan dengan rokok, maka dapat mengakibatkan tingkat keasaman yang lebih tinggi dan akhirnya menghancurkan perut.

Walaupun kopi dan rokok dapat menjadi stimulan, namun keduanya memiliki dampak yang berbeda untuk organ ginjal dan hati. Tubuh mulai bekerja melawan dirinya sendiri dan akhirnya menciptakan energi yang tidak proporsional dan pengembangan depresi yang mengakibatkan tumbulnya keinginan psikologis dan fisiologis untuk melanjutkan mengonsumsi kopi dan rokok, sehingga meningkatkan ketergantungan pada dua hal tersebut.

Selain itu, dampak negatif merokok sambil minum kopi bagi kesehatan yang lainnya yaitu dapat menghasilkan efek yang berbahaya pada jantung. Hal ini terungkap dari sebuah studi yang dilakukan oleh Charalambos Vlachopoulos, MD, dan rekan-rekannya dari departemen kardiologi di Athens Medical School.

“Mengingat seringnya merokok dan ditambah asupan kafein, efek ini pada fungsi arteri memiliki implikasi penting bagi kesehatan manusia,” tulis para peneliti dalam Journal of American College of Cardiology.

Perkembangan plak di arteri membuat mereka kaku dan kehilangan elastisitasnya. Hal ini membuat pembuluh darah menyempit dan selanjutnya menyebabkan tekanan darah tinggi. Hal ini akan memaksa jantung untuk bekerja lebih keras dalam rangka memenuhi kebutuhan tubuh darah oksigen. Sebagai faktor risiko serangan jantung, bahkan rokok lebih berbahaya jika dibandingkan dengan hipertensi dan riwayat kencing manis atau diabaetes mellitus. Dalam jangka panjang, hal ini dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Jadi, jika Anda merokok dibarengi dengan minum kopi, maka yang terbaik adalah menghindari kombinasi ini.

Dampak Negatif Merokok Sambil Minum Kopi Bagi Kesehatan Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Mengisi waktu luang dengan merokok sambil ditemani secangkir kopi telah menjadi kebiasaan yang banyak dilakukan oleh masyarakat. Bahkan, ketika berkumpul bersama rekan, sahabat, ataupun keluarga rokok dan kopi terkadang menjadi pelengkap yang tidak boleh...
Masalah Kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *