Dampak Negatif Memanaskan Kembali Makanan Sisa

Diposkan oleh : pada tanggal 9 Feb. 2017 Kategori Makanan Sehat

Sisa makanan yang tidak sempat dikonsumsi seringkali di simpan di kulkas atau di meja makan untuk dipanaskan kembali pada waktu makan selanjutnya. Mungkin Anda pernah mengalami hal tersebut. Hal ini tentu merupakan kebiasaan yang tidak baik dan bisa berdampak negatif bagi kesehatan Anda.

Dampak Negatif Memanaskan Kembali Makanan Sisa Bagi Kesehatan

Jika tidak dipanaskan dengan benar, maka makanan tersebut bisa menjadi penyebab kasus serius, yaitu keracunan makanan. Pasalnya, kualitas makanan tidak akan menjadi lebih baik ketika dipanaskan. Bahkan, tambahan minyak saat makanan digoreng kembali bisa terus bertumpuk dalam tubuh. Selain itu, terkadang orang tidak memperhatikan suhu saat menghangatkan makanan. Padalah, memastikan panas tersebar merata saat makanan dihangatkan kembali sangatlah penting.

Menurut Food Standards Agency, inilah beberapa makanan yang bisa menyebabkan keracunan jika dipanaskan kembali :

  • Daging matang atau makanan yang mengandung daging, seperti kari atau lasagna.
  • Saus yang mengandung krim atau susu.
  • Makanan laut, termasuk bakso ikan, rebusan yang sausnya mengandung makanan laut, dan kaldu ayam.
  • Nasi dan pasta matang.
  • Makanan yang mengandug telur dan kacang-kacangan.
  • Sayuran hijau.

Keracunan makanan dilatarbelakangi oleh kontaminasi bakteri. Ini adalah akibat dari makanan yang tidak dipanaskan secara menyeluruh, menggunakan panci/penggorengan dan kompor.

Namun, nyatanya, sebagian besar orang terbiasa memanaskan makanan hanya dengan menggunakan microwave. Padahal, alat tersebut tidak dapat memanaskan makanan secara menyeluruh. Biasanya ada beberapa bagian makanan yang masih dingin dan mengandung bakteri.

Lain halnya dengan nasi. Pada nasi, bakteri yang mengontaminasi memang dapat mati jika dipanaskan. Namun, nasi sisa terkadang menghasilkan spora yang tahan panas dan memiliki sifat racun. Friend rice syndrome adalah istilah yang timbul akibat kasus keracunan makanan oleh nasi horeng sisa yang dipanaskan.

Untuk sayuran hijau, misalnya seledri dan bayam. Jenis sayuran ini tidak boleh dipanaskan karena mengandung nitrat yang tinggi. Nitrat ini akan berubah menjadi nitrit saat dipanaskan kembali. Zat nitrit ini sangat berbahaya, karena dapat menyebabkan keracunan dan potensi kanker.

Food Standards Agency menyebutkan bahwa sebaiknya makanan sisa dipanaskan hanya satu kali saja. Jika Anda mengetahui cara memanaskan makanan sisa yang baik dan benar, maka barulah makanan tersebut bisa dipanaskan berkali-kali.

Adapun tips sehat dan benar untuk menyimpan makanan sisa yang baru dipanaskan yaitu dengan meletakkan makanan tersebut pada suhu ruangan (5-60 derajat celcius). Lakukan setidaknya selama 2-4 jam. Hindari menyimpan makanan sisa yang baru dipanaskan di luar kulkas lebih dari 4 jam. Anda juga sebaiknya tidak memasukkan makanan tersebut segera setelah dipanaskan. Karena tindakan ini berpotensi mengubah makanan menjadi racun yang berbahaya bagi tubuh.

By. Sri

Dampak Negatif Memanaskan Kembali Makanan Sisa Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Sisa makanan yang tidak sempat dikonsumsi seringkali di simpan di kulkas atau di meja makan untuk dipanaskan kembali pada waktu makan selanjutnya. Mungkin Anda pernah mengalami hal tersebut. Hal ini tentu merupakan kebiasaan yang...
Makanan Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *