Dampak Negatif Makan Secara Berlebihan

Diposkan oleh : pada tanggal 16 Mar. 2015 Kategori Gaya Hidup Sehat

Makan merupakan salah satu kebutuhan pokok dari manusia selain minum. Umumnya, manusia melakukan kegiatas makan selama 3 kali dalam sehari yaitu, pagi atau sarapan, siang dan malam.
Setiap waktu makan yang disebutkan tadi memiliki manfaat masing-masing seperti sarapan manfaatnya adalah untuk mengiris energi kita dalam beraktifitas selama siang hari, sedangkan makana siang adalah untuk mengganti energi yang telah kita keluarkan selama beraktifitas di pagi hari dan makan malam adalah untuk menggantikan energi yang kita pakai untuk beraktifitas disiang hari serta agar ketika tidur merasa nyenyak. Semua makhluk ciptaan Allah SWT membutuhkan makanan untuk melangsungkan kehidupannya. Akan tetapi makan juga tidak boleh dilakukan secara berlebihan.

Allah SWT berfirman yang artinya:”Wahai anak cucu adam, pakailah pakaianmu yang bagus-bagus pada setiap (memasuki) masjid. Makan dan minumlah, tetapi jangan berlebhan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai sesuatu yang berlebihan.” (Q.S Al A’raf (7): 13).

Coba kita renungkan sejenak mengenai ayat suci Al-Quran tersebut sudah turun sejak ribuan tahun lamanya dan seiring berkembangnya teknologi. Kebenaran Al-Quran sudah terbukti terkain dengan hal ini.

Dampak Negatif Makan Secara Berlebihan

dampak negatif makan secara berlebihan

dampak negatif makan secara berlebihan

  • Obesitas

Adalah berat badan yang berlebihan akibat pola makan seseorang. Selain pola makan penyebab obesitas adalah karena gen keturunannya akan tetapi gen ini tidak terlalu berpengaruh terhadap obesitas seseorang. Obesitas ini dapat berperan sebagai media datangnya penyakit terhadap tubuh, misalnya: jantung koroner, penyakit ini disebabkan terhambatnya aliran darah yang menuju ke jantung akibat pembuluh darah tersumbat oleh lemak. Diabetes melitus tipe 2, berdasarkan data 80-90% penderita diabetes mellitus tipe 2 adalah penderita obesitas.

  • Makanan tidak tercerna sempurna

Akibat makanan yang berlebihan aktifitas lambung dalam mencerna makanan pun akan terganggu. Salah satu akibat yang akan ditimbulkan adlah merasa mual, sehingga makanan yang tadi telah dimakan dapat dimuntahkan kembali. Apabila tidak dimuntahkan maka perut akan terasa sesak.

  • Melebarnya ukuran lambung

Pelebaran ukuran lambung merupakan suatu penyakit yang disebabkan makan berlebihan. Penyakit ini apabila tidak segera diberikan pengobatan maka akan berdampak serius bahkan menimbulkan kematian.

  • Robeknya Lambung

Lambung yang biasanya terisi oleh banyak makanan, akan cenderung lebih rentan mengalami kerobekan pada saat lambung tersebut kosong. Tentu saja akibat yang ditimbulkan tidak lain adalah kematian.

  • Menimbulkan rasa malas

Apabila makan yang terlalu berlebihan maka tubuh juga cenderung akan malas dalam melakukan aktifitas. Bahkan kita sendiri sering merasakan bahwa jika perut sudah terisi maka akan terasa mengantuk, sehingga malas dalam beraktifitas.

  • Merusak penampilan

Semua orang menginginkan tubuh yang. Akan tetapi pola makan yang berlebihan dapat menyebabkan tubuh seseorang menjadi melar dan tidak ideal. Kesulitan dari ukuran tubuh yang tidak ideal ini akan menyebabkan seseorang menjadi kurang percaya diri terhadap dirinya sehingga menjadi tertutup.

Berdasarkan firman diatas dan dampak negatif makan secara berlebihan, maka sebaiknya kita menjaga pola makan yang kita jalani sehari-hari. Karena segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, Maha Benar Allah dengan Segala Firman-Nya. Terimakasih anda selalu mengikuti situs kami tips sehat online. Semoga apapun artikel yang kami sajikan selalu memberikan manfaat serta pengetahuan lebih mengenai kesehatan dan kehidupan anda. Terimakasih

| Dampak Negatif Makan Secara Berlebihan

[sumber: birohmah.unila.ac.id]

Artikel lainnya:

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

Dampak Negatif Makan Secara Berlebihan Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Makan merupakan salah satu kebutuhan pokok dari manusia selain minum. Umumnya, manusia melakukan kegiatas makan selama 3 kali dalam sehari yaitu, pagi atau sarapan, siang dan malam. Setiap waktu makan yang disebutkan tadi memiliki...
Gaya Hidup Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *