Dampak Negatif Jika Tidur Lebih dari 8 Jam Sehari

Diposkan oleh : pada tanggal 10 Mar. 2017 Kategori Masalah Kesehatan

Tidur memang diperlukan oleh tubuh untuk beristirahat setelah seharian beraktivitas dan juga untuk mengembalikan energi untuk menjalani aktivitas selanjutnya. Menurut penelitian, orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7-8 jam sehari untuk melindungi dari penyakit dan bahkan kematian dini.

Meskipun baik bagi kesehatan, namun tidur yang berlebihan (lebih dari 8 jam sehari) juga tidak baik. Hal ini disebabkan karena tidur lebih dari 8 jam bisa menimbulkan risiko yang dapat mengancam Anda.

Berikut ini dampak negatif jika tidur lebih dari 8 jam sehari yang perlu diwaspadai :

Sakit kepala

Peneliti percaya bahwa efek dari terlaly lama tidur bisa berpengaruh pada sel saraf yang membawa neuron pada otak. Jika terlalu lama tidur di siang hari dan terganggu di malam hari, serinmgkali menyebabkan sakit kepala ketika bangung di pagi hari. Selain itu, penyebab lainnya dari tidur terlalu lama dapat meengalami kerusakan memori otak dan menurunnya fungsi kognitif. Risiko lainnya dapat terjadi penyakit degeneratif seperti alzheimer dan demensia.

Sakit punggung

Tidak hanya disebabkan oleh struktur tempat tidur, sakit punggung juga bisa disebabkan karena terlalu banyak tidur. Hal ini dikarenakan Anda tidak banyak bergerak di tempat tidur. Pada saat tidur, biasanya tubuh banyak tertumpu pada punggung. Oleh karen aitu, orang yang terlalu banyak tidur sering mengeluhkan sakit punggung.

Baca Juga : Posisi Duduk yang Benar Bisa Kurangi Sakit Punggung

Obesitas

Kurang tidur atau terlalu banyak tidur dapat menyebabkan kenaikan berat badan secara drastis. Sebuah studi menjelaskan bahwa orang-orang yang tidur lebih dari 9 atau 10 jam meningkatkan risiko obesitas sebesar 21%. Namun, pengaruh kenaikan berat badan juga disertai oleh faktor seberapa sering melakukan olahraga dan asupan makanan sehari-hari.

Diabetes

Sebuah studi menemukan bahwa tidur terlalu lama atau kurang tidur di malam hari dapat meningkatkan risiko mengidap diabetes. Untuk penderita diabetes tipe 2, biasanya sering mengalami sleep apnea atau kondisi dimana saluran pernafasan terganggu ketika tidur, sehingga menyebabkan dengkuran yang hebat.

Hal ini dapat mengganggu waktu tidur diabetesi yang akhirnya membuat mereka membutuhkan waktu tidur yang lebihlama. idealnya, tidur selama 8 jam merupakan waktu yang cukup untuk penderita diabetes.

Penyakit jantung

Sebuah studi menemukan 72 ribu wanita yang tidur lebih dari 9 jam atau bahkan 11 jam dapat meningkatakn 38% risiko serangan jantung dibandingkan dengan wanita yang tidur selama 8 jam.

Depresi

Insomnia atau gangguan tidur sering kali dihubungkan dengan depresi akibat kurang tidur. Di sisi lain, depresi juga dapat meningkatkan keinginan untuk terus tidur. Jika kondisi ini terus berlanjut, maka dampaknya bisa menjadi lebih buruk karena mengganggu jadwal tidur yang seharusnya, sehingga berdampak pada rangkaian kesehatan lainnya seperti hilangnya nafsu makan, sistem imun melemah, kelelahan, dan bahkan serangan jantung.

Maka dari itu, alangkah baiknya atur jadwal tidur sebaik mungkin agar terhindari dari dampak buruk yang dapat merusak tubuh. Tidur berlebihan juga bisa menjadi indikasi dari adanya penyakit lainnya yang perlu ditangani secara medis. Agar kualitas tidur lebih baik, sebaiknya hindari konsumsi kafein dan alkohol.

By Sri Maryati

Dampak Negatif Jika Tidur Lebih dari 8 Jam Sehari Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tidur memang diperlukan oleh tubuh untuk beristirahat setelah seharian beraktivitas dan juga untuk mengembalikan energi untuk menjalani aktivitas selanjutnya. Menurut penelitian, orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7-8 jam sehari untuk melindungi dari penyakit...
Masalah Kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *