Dampak Negatif Jika Melakukan Brazilian Wax Pada Vagina

Diposkan oleh : pada tanggal 30 Mar. 2018 Kategori kesehatan

Brazilian Wax adalah sebuah metode yang dilakukan untuk menghilangkan rambut yang tumbuh disekitar kemaluan wanita / vagina. Hal ini adalah alternatif yang dilakukan sebagian wanita, yang merasa terganggu dengan kehadiran rambut yang tumbuh disekitaran area kewanitaan.

Terkadang, pertumbuhan rambut kemaluan / pubris menimbulkan rasa gatal dan lembap yang membuat tidak nyaman. Brazilian Wax menjadi sebuah metode yang bisa dilakukan untuk membantu menghilangkan semua rambut disekitar vagina, termasuk selangkangan. Metode ini menggunakan lilin yang dilelehkan (wax) hangat, kemudian dioleskan pada area yang dimaksud. Setelah mengering, lilin akan ditarik bersamaan dengan rambut-rambut yang ikut menempel kuat dengan lilin.

Walaupun terlihat aman, Brazilian Wax ternyata memiliki dampak negatif yang perlu diwaspadai seperti yang dilansir dari laman klikdokter berikut ini.

Dampak Negatif Jika Melakukan Brazilian Wax Pada Vagina

1. Peradangan dan iritasi.

Area vagina dan sekitarnya adalah bagian tubuh yang memiliki kulit lebih sensitif. Maka dari itu, Brazilian wax yang dilakukan di bagian tubuh tersebut dapat meningkatkan risiko terjadinya peradangan dan iritasi, apalagi bila rambut kemaluan yang hendak dipangkas terlalu tebal. Keadaan ini menyebabkan kuman maupun bakteri berbahaya lebih mudah menginfeksi.

2. Jerawat.

Setelah proses Brazilian wax selesai dilakukan, jerawat biasanya akan timbul di daerah sekitar vagina. Hal ini bisa terjadi karena rambut yang terangkat akan membuka jalan masuk bakteri ke dalam folikel.

3. Rambut tumbuh ke dalam.

Meski dilakukan sedemikian rupa, Brazilian wax tidak sepenuhnya mampu mengangkat rambut yang ada di sekitar vagina. Metode ini justru dapat menyebabkan rambut patah di tengah, sehingga proses pertumbuhannya menjadi terganggu. Alhasil, bukannya tumbuh ke luar, rambut justru tumbuh ke bagian dalam kulit.

4. Nyeri atau memar.

Brazilian wax yang dilakukan secara lembut dan halus tetap dapat menyebabkan timbulnya rasa nyeri atau bahkan memar di sekitar vagina. Pada beberapa kasus, kulit vagina juga dapat mengalami perubahan warna menjadi kebiru-biruan atau kehitaman.

5. Kulit terbakar.

Lilin yang digunakan pada proses Brazilian wax dapat menyebabkan kulit terasa sangat panas, dan timbul sensasi seperti terbakar, apalagi bila Anda tak terbiasa melakukan metode ini. Bahkan, Brazilian wax juga diduga dapat menyebabkan kulit sekitar vagina melepuh.

6. Gatal-gatal.

Jika serangkaian alat yang digunakan pada proses Brazilian wax tidak terjaga kebersihannya atau kerap digunakan bergantian, penyakit kulit yang ada pada pasien sebelumnya dapat berpindah ke diri Anda. Keadaan ini biasanya ditandai dengan timbulnya keluhan gatal di sekitar vagina.

Yang penting untuk diketahui adalah, sebaiknya jika Anda ingin melakukan Brazilian Wax, ketahui dulu sebab dan akibat, juga hal apa yang harus dilakukan sebelum melakukan Brazilian Wax agar tidak mengalami efek samping / dampak negatif diatas. Semoga bermanfaat, salam.

Dampak Negatif Jika Melakukan Brazilian Wax Pada Vagina Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Brazilian Wax adalah sebuah metode yang dilakukan untuk menghilangkan rambut yang tumbuh disekitar kemaluan wanita / vagina. Hal ini adalah alternatif yang dilakukan sebagian wanita, yang merasa terganggu dengan kehadiran rambut yang tumbuh disekitaran...
kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *