Dampak Negatif Insomnia pada Anak

Diposkan oleh : pada tanggal 27 Feb. 2015 Kategori Anak dan Kehamilan

tipssehatonline,- Gangguan tidur pada anak terbukti bisa mempengaruhi seluruh anggota keluarga. Anak usia sekolah membutuhkan setidaknya 10 – 12 jam tidur per hari. Pekerjaan rumah, olahraga, kegiatan sesudah sekolah, TV, komputer, dan permainan video game serta kesibukan orang tua dapat berkontribusi pada kurangnya waktu tidur untuk anak-anak.

Dampak Negatif Insomnia pada Anak

insomnia anak

Berikut ini adalah beberap Dampak Negatif Insomnia pada Anak yang perlu anda perhatikan :

  1. Penurunan IQ,- Para peneliti menemukan anak-anak yang menderita insomnia mengalami penurunan kecerdasan.
  2. Kurang konsentrasi,- Insomnia akan menyebabkan kelelahan pada anak dan ia tak akan bisa fokus dengan baik pada pelajaran yang penting.
  3. Pemarah,- Insomnia dapat menyebabkan anakmudah tersinggung atau perilakunya cenderung hiperaktif, sehingga sulit bagi anak untuk berkonsentrasi di sekolah.
  4. Masalah emosional,- Kurang tidur dapat meningkatkan stress kortisol yang akibatnya bisa terjadi masalah yang berkaitan dengan depresi dan kecemasan.
  5. Masalah Berat badan,- Insomnia atau kurang tidur pada anak dapat menyebabkan obesitas. Bahkan penelitian menemukan bahwa anak-anak yang kekurangan tidur, 92% lebih mungkin mengalami kegemukan pada saat dewasa daripada mereka yangcukup tidur.
  6. Diabetes,- Insomnia pada anak dapat memengaruhi penyerapan glukosa. Bahkan penelitian mengungkapkan bahwa berkurangnya 2 jamwaktu tidur per malan untuk 1 minggu dapat memengaruhi resistensi insulin sehingga meningkatkan risiko diabetes.
  7. Tidur di kelas,- Salah satu akibat umum yang terjadi pada anak usia sekolah adalah tidur di kelas. Seorang anak yang kurang tidur atau sulit tidur memengarui kondisinya keesokan hari dengan tidur di kelas. Hal ini berdampak pada hilangnya informasi yang diberikan guru dan mungkin hanya mendengarkan setengah hati.

Dengan mengetahui Dampak Negatif Insomnia pada Anak harus, maka niat untuk menghindari dan mengatasinya lebih besar mengingat apapun yang terjadi pada anak akan menjadi sangat penting baik itu hal baik atau buruk sekalipun. 🙂

Sumber health.kompas.com

 

Baca artikel menarik lainnya :

 

Dampak Negatif Insomnia pada Anak Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
tipssehatonline,- Gangguan tidur pada anak terbukti bisa mempengaruhi seluruh anggota keluarga. Anak usia sekolah membutuhkan setidaknya 10 – 12 jam tidur per hari. Pekerjaan rumah, olahraga, kegiatan sesudah sekolah, TV, komputer, dan permainan video...
Anak dan Kehamilan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *