Dampak Negatif Dari Kerokan

Diposkan oleh : pada tanggal 2 May. 2015 Kategori Gaya Hidup Sehat

Kerokan adalah sebuah terapi pengobatan alternatif untuk gejala masuk angin yang sering diterapkan oleh orang Indonesia. Bukan hanya di Indonesia namun juga negara-negara Asia lainnya seperti Vietnam yang menyebutnya dengan sebutan cao giodi.

Dibalik manfaat kerokan terdapat pula efek negatif dari kerokan. Berikut ini Dampak Negatif Dari Kerokan:

Dampak Negatif Dari Kerokan

dampak negatif dari kerokan

  • Ketagihan

Setiap kita melakukan kerokan tubuh akan merasa segar dan rasa pegal akibat masuk aingin akan hilang. Rasa nyaman inilah yang akan membuat tubuh menjadi ketagihan dan melakukan kerokan setiap tubuh masuk angin.

  • Resiko masuknya bakteri dan virus

Saat kita mengerok atau mengerik tubuh kita, pori-pori kulit akan terbuka lebar oleh karena efek gesekan kulit dengan benda tumpul maupun karena panas tubuh yang meningkat. Saat pori-pori kita membesar maka akan memudahkan angin masuk kembali ketubuh dengan membawa bakteri dan virus kedalam tubuh. Memang efeknya tidak akan langsung terasa oleh tubuh kita tapi akan muncul efek dikemudian hari. Sebagian besar orang akan merasa ketagihan saat dikerok dan pasti akan melakukannya lagi saat dia terserang masuk angin. Nah, semakin sering dikerok dan semakin sering pula pori-pori kita melebar, maka akan semakin banyak juga virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh kita.

  • Dapat mengakibatkan kontraksi dini

Seperti yang kita tahu bahwa saat dikerok atau dikerik, maka akan terjadi inflamasi. Nah yang menjadi masalah adalah reaksi penolakan terhadap inflamasi tubuh. Saat terjadi inflamasi, maka mediator anti inflamasi akan mengeluarkan suatu zat yang disebut “Cytokine” yang merupakan sel yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Zat ini akan memicu pelepasan Prostaglandin yang bisa menyebabkan kontraksi pada rahim. Oleh sebab itu, bagi ibu-ibu yang sedang hamil sangat dilarang penyembuhan dengan cara dikerok karena bisa mengakibatkan timbulnya kontraksi dini akibat munculnya zat Prostaglandin.

  • Potensial Terhadap Stroke

Ahli Penyakit Jantung dari RS Harapan Kita Prof. DR. Dr. Budhi Setianto, SpJP mengatakan kebiasaan kerokan di sekitar leher dapat mengakibatkan stroke bila ada saraf yang rusak. Saat kerokan, pembuluh darah akan melebar. Jika dilakukan terlalu sering dan di bagian yang sama, dikhawatirkan pembuluh darah kecil dan halus akan semakin melebar lalu pecah. Tentunya ini sangat berbahaya terutama untuk para orang tua.

Nah itulah beberapa hal Dampak Negatif dari Kerokan. Semoga artikel ini dapat membantu mengetahui hal-hal baru. Terimakasih.

| Dampak Negatif Dari Kerokan

Artikel terkait

Manfaat dan Bahaya Sinar Matahari

Dampak Negatif Dari Kerokan Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Kerokan adalah sebuah terapi pengobatan alternatif untuk gejala masuk angin yang sering diterapkan oleh orang Indonesia. Bukan hanya di Indonesia namun juga negara-negara Asia lainnya seperti Vietnam yang menyebutnya dengan sebutan cao giodi. Dibalik...
Gaya Hidup Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *