Dampak Mengonsumsi Obat Penenang Secara Berlebihan

Diposkan oleh : pada tanggal 9 Jun. 2017 Kategori kesehatan

 

Dampak Mengonsumsi Obat Penenang Secara Berlebihan,- Baru-baru ini publik dihebohkan dengan kabar percobaan bunuh diri yang dilakukan oleh salah satu member Big Bang, TOP dan juga kisah dari wanita tanpa busana yang berbelanja di apotek. Keduanya diketahui mengonsumsi obat penenang.

Obat penenang merupakan sejenis analgesik yang memberikan efek ketenangan (depresan) pada penggunanya. Obat ini biasanya diresepkan dokter untuk menghilangkan kecemasan, depresi, ketakutan berlebih terhadap sesuatu, atau insomnia. Namun, manfaat ini seakan menguap, karena obat penenang sering digunakan di luar fungsi yang sebenarnya, sehingga obat ini dapat bereaksi untuk menyebabkan ketidaksadaran seseorang atau memberikan efek memabukkan, bahkan hingga berdampak pada kematian.

Terdapat beberapa jenis obat penenang, diantaranya adalah :

  • Barbiturat, meliputi amytal, nembutal, seconal, luminal.
  • Benzodiazepines, meliputi clonazepam, diazepam, estazolam, flunitrazepam, lorazepan, midazolam, nitrazepam, oxazepam, triazolam, temazepam, clhordiazepoxide, alprazolam.
  • Herbal sedative, meliputi ashwagandha, duboisia hopwoodii, proosanthera striatiflora, catnip, cava, mandrake, valerian, marijuana
  • Nonbenzodiazepine, meliputi lunesta, sonata, ambien, imovan
  • Antihistamin, meliputi diphenhydramine, dimenhydrinate, doxylamine, phenergan, promethazine
  • Cloral hydrate
  • Alcohol

Biasanya obat penenang bisa berupa kapsul ataupun tablet, cairan, dan suntikan.

Jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat, maka obat penenang ini dapat memberikan manfaat. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan, maka obat penenang dapat menimbulkan dampak negatif, bahkan hingga menyebabkan kematian. Berikut ini dampak mengonsumsi obat penenang secara berlebihan yang perlu diketahui :

Antidepresan trisiklik

Mengonsumsi obat antidepresan trisklik secara berlebihan dapat menimbulkan gangguan jantung. Keluhan berdebar-debar, nyeri dada, tekanan darah turun, dan denyut jantung tidak teratur (aritmia) merupakan beberapa dampak yang paling sering timbul. Namun, tidak menutup kemungkinan gejala berat seperti kejang dan koma juga akan terjadi.

Benzodiazepine

Overdosis obat penenang golongan benzodiazepine dapat menimbulkan gejala berupa pusing, mengantuk, dan penglihatan kabur. Tidak jarang, obat ini juga menyebabkan penggunanya berhalusinasi, meracau, dan disorientasi. Pada beberapa kasus, hal yang mengancam nyawa juga dapat terjadi, seperti penurunan kesadaran, tekanan darah turun, hingga berhenti bernafas.

Selective Serotonin Reuptake Inhibitors (SSRI)

SSRI merupakan obat penenang yang paling sering digunakan untuk mengatasi depresi dan cemas. Mengonsumsi obat penenang jenis ini secara berlebihan akan menyebabakn gangguan pada otot dan saraf. Penggunanya dapat mengalami tremor, menggigil. kejang otot, keringat dingin, dan penurunan kesadaran.

By Sri Maryati

 

Dampak Mengonsumsi Obat Penenang Secara Berlebihan Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
  Dampak Mengonsumsi Obat Penenang Secara Berlebihan,- Baru-baru ini publik dihebohkan dengan kabar percobaan bunuh diri yang dilakukan oleh salah satu member Big Bang, TOP dan juga kisah dari wanita tanpa busana yang berbelanja...
kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *