Dampak Buruk Tidur Di atas Jam 12 Malam

Diposkan oleh : pada tanggal 22 Dec. 2014 Kategori Masalah Kesehatan

Apakah anda termasuk orang yang memiliki kebiasaan tidur di atas jam 12 malam ? Hati-hati dengan berbagai masalah kesehatan yang mengintai anda !

Berbagai penelitian menngungkapkan bahwa tidur yang baik dan sehat adalah tidur yang cukup yaitu sekitar 6 atau 7 jam sehari. Lalu, bagaimana akibatnya jika tidur anda memiliki kebiasaan tidur kurang dari 6 jam bahkan memulai tidur dari jam 12 malam ? Untuk itulah kami akan menginformasikan anda mengenai Dampak Buruk Tidur Di atas Jam 12 Malam yang dilansir dari merdeka.com.

Dampak Buruk Tidur Di atas Jam 12 Malam

dampak tidur di atas jam 12 malam

Jam Biologis Tubuh

Jam biologis tubuh merupakan sebutan bagi tugas otak yang mengontrol selera makan, jadwal tidur, dan suasana hati seseorang. Jika anda sering tidur di atas jam 12 malam, otak akan mengalami kesulitan untuk membagi tugasnya sehingga jam biologis tersebut rusak dan memengaruhi kondisi fisik serta mental anda.

Insomnia

Seringnya tidur di atas jam 12 malam dapat menimbulkan insomnia berkepanjangan, Tubuh pun akan merasa tetap bugar meskipun sudah lewat tengah malam.

Sistem imun

Tidur di atas jam 12 malam akhirnya menurunkan sistem imun, sehingga Anda berisiko tinggi terkena berbagai macam penyakit, mulai dari yang ringan sampai mematikan.

Produktivitas

Tidur di atas jam 12 malam artinya memangkas jatah istirahat anda. Akibatnya, saat berada di tempat kerja anda akan selalu mengantuk dan menurunkan produktivitas selama menyelesaikan tugas.

Penyakit Kardiovaskuler

Sebuah penelitian membuktikan bahwa kurang tidur mampu meningkatkan risiko penyakit kardiovaskuler.

Kanker

Menurut penelitian yang dilakukan oleh ahli dari Jepang, hormon melatonin yang seharusnya diproduksi oleh tubuh berkurang jumlahnya jika jadwal tidur dikurangi. Sementara rendahnya hormon melatonin ini berkaitan dengan risiko kanker.

Obesitas

Jika anda sering tidur di atas jam 12 malam, hormon pengendali nafsu makan akan mengalami gangguan. Akibatnya meningkatkan keinginan untuk ngemil di malam hari yang kurang menyehatkan dan bisa beujung pada peningkatan berat badan.

Oleh karena itulah, betapa pentingnya untuk memiliki kualitas tidur yang baik. Dan bagi anda yang merasa sulit tidur, anda bisa melakukan kegiatan-kegiatan alamiah seperti mandi air hangat, minum secangkir coklat hangat, atau membaca bacaan ringan yang dapat merilekskan otot-otot tubuh sehingga mudah untuk tertidur.

 

 

by Tips Sehat Online

 

Dampak Buruk Tidur Di atas Jam 12 Malam Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Apakah anda termasuk orang yang memiliki kebiasaan tidur di atas jam 12 malam ? Hati-hati dengan berbagai masalah kesehatan yang mengintai anda ! Berbagai penelitian menngungkapkan bahwa tidur yang baik dan sehat adalah tidur...
Masalah Kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *