Dampak Buruk Penggunaan AC dan Kipas Angin Terlalu Lama

Diposkan oleh : pada tanggal 11 Feb. 2016 Kategori Gaya Hidup Sehat

Indonesia merupakan salah satu negara beriklim tropis, ketika pada musim panas akan mengalami cuaca yang sangat panas. Meski di malam hari, kebanyakan orang Indonesia menyalakan AC dan kipas angin. Kebiasaan menggunakan AC dan kipas angin merupakan hal yang menjadi pilihan orang banyak. Namun, tanpa disadari penggunaan AC dan kipas angin terlalu lama dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan.

Dampak Buruk Penggunaan AC dan Kipas Angin Terlalu Lama

Dampak Buruk Penggunaan AC dan Kipas Angin Terlalu Lama

  • Kekurangan Oksigen

Kipas angin yang mengarah ke tubuh atau wajah kita, akan menyebabkan kesulitan bernapas. Hal ini dikarenakan kurangnya jumlah oksigen dalam darah akibat dari sedikitnya oksigen yang masuk ke dalam tubuh. Apalagi masih ditambah dengan ruangan yang tertutup menambah sirkulasi udara tidak lancar.

  • Penurunan suhu tubuh secara drastis

Ketika suhu pada tubuh menurun secara drastis, ini akan menyebabkan tekanan darah serta sistem pernapasan pada tubuh mengalami gangguan. Hal ini tentunya akan berdampak buruk pada organ jantung serta paru-paru.

  • Risiko debu masuk ke dalam tubuh

Ketika menggunakan kipas angin debu yang ada di udara ikut berterbangan, akibatnya adalah risiko udara kotor masuk ke dalam tubuh. Untuk meminimalisir udara kotor, sebaiknya ruangan memiliki ventilasi, menggunakan kipas angin jangan terlalu lama atau juga membuka pintu ketika menggunakan kipas angin.

  • Badan terasa kurang bugar

Ketika bangun tidur dengan kondisi kipas angin menyala biasanya tubuh lemas dan kurang bugar. Badan yang lemas dan kurang bugar ini akibat tekanan udara yang langsung mengarah ke tubuh dari gerakan kipas. Bisa juga tubuh mengalami kekurangan pasokan oksigen.

  • Menyebabkan kulit kering

Menggunakan kipas angin atau AC terlalu lama dapat menyebabkan kulit kering karena kekurangan air akibat dari terkena angin.

Jadi, sebaiknya anda kurangi pemakaian kipas angin atau AC menjelang tidur. Karena penggunaan kipas angin atau AC terlalu lama dapat berdampak buruk bagi kesehatan dan kualitas hidup anda.

| Dampak Buruk Penggunaan AC dan Kipas Angin Terlalu Lama

Ayu Anggraeni

Dampak Buruk Penggunaan AC dan Kipas Angin Terlalu Lama Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Indonesia merupakan salah satu negara beriklim tropis, ketika pada musim panas akan mengalami cuaca yang sangat panas. Meski di malam hari, kebanyakan orang Indonesia menyalakan AC dan kipas angin. Kebiasaan menggunakan AC dan kipas...
Gaya Hidup Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *