Daftar Menu Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Diposkan oleh : pada tanggal 9 Mar. 2015 Kategori Makanan Sehat

Tips sehat online kali ini kali ini akan membahas tentang Daftar Menu Makanan 4 Sehat 5 Sempurna. Makanan menjadi bahan utama yang sangat dibutuhkan manusia sebagai sumber energi dan membantu pertumbuhan seluruh organ tubuh serta otak agar dapat beraktivitas dengan baik. Makanan sehat adalah makanan yang mengandung gizi yang seimbang dan mengandung zat yang diperlukan oleh tubuh. Makanan sehat ini seharusnya memiliki kandungan gizi yang banyak dan kandungan tersebut antara lain adalah karbohidrat, mineral, protein, vitamin dan lemak tak jenuh dalam jumlah sedikit saja.

makanan 4 sehat 5 sempurna

Daftar Menu Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

1.Makanan pokok

Makanan yang diperlukan tubuh sebagai sumber energi tubuh. Makanan memiliki kandungan sumber energi tubuh adalah makanan yang kaya akan kandungan karbohidrat seperti nasi, jagung, gandum, kentang, oat dam umbi-umbian.

2.Lauk pauk

Makanan sebagai pendamping makanan pokok yang berfungsi sebagai sumber zat pembangun untuk tubuh. Makanan lauk pauk biasanya memiliki kandungan protein seperti telur, daging, ikan, tahu dan tempe.

3.Sayur-sayuran

Sayuran sangat baik untuk kesehatan tubuh baik dimasa pertumbuhan dan perkembangan dan juga dalam menjaga daya tahan tubuh agar selalu terjaga kesehatannya. Sayuran yang baik adalah sayuran yang berwarna hijau dengan kandungan vitamin, serat dan protein nabati. Sayuran yang banyak digunakan karena banyak manfaatnya adalah bayam, brokoli, tomat, terong dan sayuran hijau lainnya.

4.Buah-buahan

Buah-buahan pada umumnya merupakan makanan yang kaya akan vitamin dan mineral dengan kandungan air yang tinggi juga serat yang baik untuk kesehatan pencernaan dan hampir semua buah berperan dalam kesehatan tubuh dan menjaganya agar tubuh tetap bugar.

5.Susu

Susu adalah pelengkap makanan 4 sehat yang telah disebutkan diatas sebagai penyempurna dakam melengkapi kesehatan tubuh.

Zat yang terkandung dalam menu makanan 4 sehat 5 sempurna

1.Karbohidrat

Karbohidrat yang dikonsumsi dapat bermanfaat sebagai peningkat metabolisme tubuh, sebagai sumber energi juga dapat menyeimbangkan antara basa dan asam dalam tubuh. Berguna juga sebagai pebentuk sel, jaringan serta organ, memperlancar pencernaan dan penyerapan kalsium serta mambantu membentuk protein dan lemak.

2.Protein

Protein dapat menetralkan racun yang ada dalam tubuh, membantu pelaksanaan metabolisme tubuh serta dapat memelihara cairan dalam rongga tubuh.

3.Lemak

Lemak tidak selamanya hanya dapat membuat kegemukan, lemak dibutuhkan tubuh kita sebagai pelarut vitamin A, D, E dan K agar dapat dicerna dan diambil manfaatnya, lemak berguna juga sebagai pelindung tubuh dan sebagai sumber asam lemak essensial.

4.Air

Air melarutkan senyawa lain yang terdapat dalam tubuh, mengangkut zat makanan dari sel-sel ke jaringan didalam tubuh serta menjaga kestabilan tubuh.

Demikian beberapa daftar menu makanan 4 sehat 5 sempurna, semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda. Menu makanan 4 sehat 5 sempurna harus dikonsumsi secara rutin setiap harinya agar tubuh selalu bugar dan sehat dan dapat menjalankan aktivitas secara maksimal serta terhindar dari berbagai penyakit. Menu makanan 4 sehat 5 sempurna dapat dikonsumsi oleh semua kalangan usia, baik anak-anak, orang dewasa, lansia dan ibu hamil / menyusui dan harus disesuaikan dengan umur masing-masing.

Daftar Menu Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tips sehat online kali ini kali ini akan membahas tentang Daftar Menu Makanan 4 Sehat 5 Sempurna. Makanan menjadi bahan utama yang sangat dibutuhkan manusia sebagai sumber energi dan membantu pertumbuhan seluruh organ tubuh...
Makanan Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *