Daftar Makanan Yang Mengandung kalsium Tinggi

Diposkan oleh : pada tanggal 20 Mar. 2015 Kategori Makanan Sehat Minuman Sehat

makanan sumber kalsium tinggiSelamat datang kembali di website kami tips sehat online, kali ini kami akan memberikan informasi tentang daftar makanan yang mengandung kalsium tinggi. Kalsium merupakan zat yang sangat penting bagi pembentukan tulang manusia. Kalsium juga berfungsi sebagai penghubung antar syaraf di dalam tubuh manusia. Kalsium mempunyai banyak fungsi bagi tubuh kita , yaitu dapat membantu proses pengaktifkan sel-sel syaraf baru dalam tubuh manusia, membantu melancarkan peredaran darah, mengurangi resiko osteoporosis, mengurangi resiko pendarahan pada akar gigi, mencegah resiko kanker usus, menyeimbangkan cairan dalam tubuh, dan masih banyak lagi fungsi kalisum bagi tubuh.

Daftar Makanan Yang Mengandung kalsium Tinggi

1.Keju

Keju merupakan makanan dasar susu , keju memiliki hampir semua kandungan nutrisi pada susu seperi protein, vitamin, mineral, kalsium, fosfor, lemak, dan kolesterol. Namun ingat susu juga juga akan menyebabkan gangguan kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan.

2.Yoghurt

Yoghurt adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Yoghurt dapat dibuat dari susu apa saja, termasuk susu kacang kedelai. Yoghurt juga merupakan makanan tinggi kalsium, karena berbahan dasar usus yang sudah pasti memiliki sebagian besar kandungan gizi susu.

3.Sayuran hijau

Siapa sangka ternyata dalam sayuran terdapat kandungan kalsium yang tinggi dan dapat kita manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan kalsium. Sayuran yang mengandung kalsium tinggi yaitu brokoli dan bayam.

4.Kacang kedelai

Kacang kedelai mengandung kalsium yang cukup tinggi, jika satu cangkir kacang kedelai direbus tanpa dicampuri garam, makan akan menghasilkan 261 mg kalsium. Selain itu ada juga olahan dari kacang kedelai yang juga bermanfaat yaitu susu kedelai.

5.Ikan salmon

Ikan salmon kaya akan lemak sehat juga protein, selain itu 3 ons salmon yang sudah dikalengkan dengan memiliki tulang belakang ternyata juga mengandung kandungan kalsium yang tinggi yaitu 181 mg kalsium.

6.Kacang putih

Kacang putih memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi, dalam 100 gram kacang putih terdapat 442 mg kalsium. Kacang putih termasuk kedalam kategori kacang dengan kandungan kalsium yang lumayan tinggi. Pada umumnya kacang putih memiliki kandungan kalsium sebanyak 175 mg/porsinya.

7.Lobak

Sayuran yang biasa dimasak sayur sop ini ternyata mengandung kalsium yang lumayan tinggi sekitar 200 mg / batangnya. Mengkonsumsi sayur sop yang dicampur lobak selain memenuhi kebutuhan vitamin A juga dapat dijadikan salah satu cara memenuhi kebutuhan kalsium.

8.Biji wijen

Biji wijen ini memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Dalam 1 ons biji wijen terdapat 280 mg kalsium, jumlah tersebut hampir sama dengan jumlah kalisum dalam 1 gelas susu.

9.Jeruk

Buah jeruk selain memiliki kandungan vitamin C, jeruk juga memiliki kandungan kalsium sebanyak 60 mg.

10.Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan yang baik bagi jantung, kaya akan serat dan mengandung karbohidrat. Selain itu oat,eal juga mengandung kalsium yang cukup tinggi, dalam 1 mangkuk oatmeal mengandung 105 mg kalsium.

11.Ikan sarden

Sarden merupakan hasil olahan dari ikan laut yang dikemas dengan cara dikalengkan ini dapat memenuhi 33% kalsium yang dibutuhkan tubuh. Maka dari itu, konsumsi lah ikan sarden minimal 1 minggu 1 kali.

12.Tofu

Tofu adalah makanan yang dibuat dari endapan kedelai yang difermentasikan, sama hal nya dengan tahu. Tofu bisa dibilang tahu versi jepang. Tofu sendiri lebih lunak dan kurang tahan terhadap pengolahan. Karena endapan kalisumnya yang tinggi, tofu sendiri direkomendasikan sebagai makanan pengganti susu.

13.Kale

Kale merupakan sayuran yang termasuk kedalam jenis kubis-kubisan atau lebih dekenal dengan kol. Dalam setiap 1 cangkir kale terkandung 90 mg kalsium. Dengan kata lain 3,5 cangkir kale akan lebih bermanfaat daripada 1 gelas susu.

14.Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang termasuk dalam suku kubis-kubisan. Brokoli bermanfaat bagi kesehatan bahkan dapat dikatakan bahwa brokoli merupakan sayuran dengan kandungan kalsium tertinggi yaitu 180 mg.

15.Kacang almond

Kacang almond kacang almond yang biasa digunakan sebagai makanan cemilan kaya akan vitamin E. Selain itu kacang almond juga mengandung 70-80 mg kalsium.

16.Pisang

Pisang adalah jenis buah-buahan yang sudah tidak asing lagi. Pisang kaya akan mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, besi, dan kalsium.

17.Susu

Susu merupakan asupan yang mengandung banyak kalsium yang peringkatnya tertinggi dibandingkan asupan makanan lainnya. Didalam susu terdapat berbagai macam nutrisi. Sebagian orang lebih menyukai susu sebagai pelengkap asupan kalsium yang fungsinya sebagai zata anti keropos. Tak hanya itu, susu berasal dari sapi yang memiliki kandungan kalsium tinggi. Pada susu kedelai juga terdapat kandungan kalsium tinggi. Susu kedelai bisa dijadikan alternatif untuk anda yang tidak menyukai susu sapi.

Kebutuhan kalsium pada anak dan orang dewasa berbeda-beda, berikut ini adalah  rincian kebutuhan kalsium :

Bayi berumur 0-5 bulan : 400 mg
Bayi 6 bulan-1tahun : 600 mg
Anak usia 1-10 tahun : 800 mg
Remaja usia 11-24 tahun : 1200 mg
Dewasa diatas 25 tahun : 800 mg
Usia diatas 50 tahun : 1000 mg
Ibu hamil dan menyusui harus mengkonsumsi 1200 mg kalsium perharinya.

Sumber : (berbagai sumber).

Daftar Makanan Yang Mengandung kalsium Tinggi Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Selamat datang kembali di website kami tips sehat online, kali ini kami akan memberikan informasi tentang daftar makanan yang mengandung kalsium tinggi. Kalsium merupakan zat yang sangat penting bagi pembentukan tulang manusia. Kalsium juga...
Makanan Sehat Minuman Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *