Daftar Makanan Penambah Darah Rendah

Diposkan oleh : pada tanggal 22 Aug. 2015 Kategori Makanan Sehat

Daftar Makanan Penambah Darah Rendah,- Sel darah merah didalam darah yang berfungsi mengedarkan oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Kekurangan sel darah merah bisa menyebabkan anemia atau darah rendah. Darah rendah rentan dialami oleh wanita. Penyebab darah rendah ialah karena pendarahan saat menstruasi pada wanita, kekurangan zat besi, asam folat dan beberapa vitamin A, vitamin B12 dan vitamin C.

Orang yang menderita darah rendah biasanya akan mengalami cepat lelah, pucat dan pusing sesudah duduk terlalu lama. Hal ini disebabkan karena sel darah merah dan hemoglobin dibawah normal.

makanan penambah darah rendah atau anemia

Daftar Makanan Penambah Darah Rendah

1.Hati

Hati adalah sumber makanan yang kaya akan zat besi. Hati ayam (100 gram) mengandung 9 mg zat besi. Tapi kalau hati sapi mengandung lebih sedikit kalori dibandingkan dengan jenis hati lainnya dan sumber zat besi serta rendah kolesterol.

2.Makanan laut

Makanan laut yang kaya akan zat besi seperti ikan. Ikan tidak hanya mengandung asam lemak omega 3, tapi juga kaya kaya zat besi yang bagus bagi anda yang kurang darah serta baik untuk tubuh.

3.Daging merah

Daging merah seperti daging sapi, kambing kaya akan protein hewani dan banyak mengandung zat besi, dan mineral lainnya. Keberadaan zat besi akan mampu meningkatkan hemoglobin dengan cepat. Protein juga diperlukan untuk menyusun sel-sel darah merah. Namun jangan terlalu banyak mengkonsumsi daging merah sebab akan meningkatkan risiko cardiovaskular.

4.Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang panjang, kacang hijau, kacang almond, buncis mengandung zat besi yang mampu menaikan kadar haemoglobin dalam darah. Kacang-kacangan dapat dicerna secara perlahan sehingga bisa membantu menaikan tekanan darah.

5.Beras merah

Mengkonsumsi beras merah ternya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh diantaranya dapat menurunkan berat badan, kolesterol dan gangguan pencernaan. Slain itu, beras merah juga kaya akan zat besi yang dapat meningkatkan haemoglobin yang dapat mencegah anemia.

6.Stroberi

Stroberi mengandung banyak zat besi dan membantu penyerapan zat besi oleh tubuh. Selain itu, mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan penyerapan zat besi dalam darah.

7.Bayam

Bayam mengandung banyak zat besi. Sehingga bayam sangat cocok untuk penderita darah rendah. Bayam juga membantu melawan kanker dan memperlambat pertumbuhan sel.

8.Brokoli

Brokoli mengandung protenin nabati dan zat besi untuk membantu pertumbuhan sel-sel darah merah dengan cepat. Brokoli juga mengandung vitamin C yang mengikat radikal bebas dna memperkuat sistem kekebalan dalam tubuh.

9.Kembang kol

Kandungan nutrisi di dalam kembong kol setara dengan brokoli, sangat baik untuk regenerasi sel-sel darah merah. Selain itu juga mengandung protein, kalsium, niasin dan thamine.

10.Sawi

Sayuran yang mengandung klorofil juga sangat cocok untuk dikonsumsi oleh penderita darah rendah. Sawi kaya akan vitamin A, B dna C secara efektif meregenerasi hemoglobin, tapi juga mengantongi banyak mineral seperti magnesium, kalium.

Demikian artikel kali ini tentang daftar makanan penambah darah rendah. Terimakasih telah mengunjungi tips sehat online, semoga artikel-atikel yang kami berikan dapat bermanfaat.

Daftar Makanan Penambah Darah Rendah Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Daftar Makanan Penambah Darah Rendah,- Sel darah merah didalam darah yang berfungsi mengedarkan oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Kekurangan sel darah merah bisa menyebabkan anemia atau darah rendah. Darah rendah rentan dialami oleh wanita....
Makanan Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *