Ciri-ciri Tantrum Pada Anak Dan Cara Mengatasinya

Diposkan oleh : pada tanggal 31 Jan. 2018 Kategori Anak dan Kehamilan

Tantrum ialah bagian dari tahap perkembangan anak pada usia pra-sekolah yang ditandai dengan ledakan emosi. Anak-anak yang mengalami emosi saat tantrum biasanya akan menunjukkan ciri-ciri anak tantrum misalnya menangi dengan keras, tiba-tiba berteriak, berguling-guling, memukul, menendang, melempar, dan kejang-kejamng menyerupai orang yang terkena penyakit ayan.

Ciri-ciri Tantrum Pada Anak Dan Cara Mengatasinya

Ciri-ciri Tantrum Pada Anak Dan Cara Mengatasinya

Jenis-jenis tantrum

Tantrum manipulatif

Tantrum manifulatif ialah tantrum yang sengaja dibuat-buat oleh anak supaya keinginannya dituruti. Bila ini terjadi, maka tinggalkan anak sendiri sesaat. Bertingkahlah seolah anda tidak memperhatikannya.

Tantrum frustasi

Tantrum frustasi ialah tantrum yang dilakukan anak saat anak merasa lapar, bosan, lelah, dituntut berlebihan dan tertekan. Bila tidak ingin hal ini terjadi, maka anda harus mengetahui apa yang si kecol inginkan.

Ciri-ciri Tantrum Pada Anak

  • Tubuh anak menegang
  • Merengek
  • Anak tiba-tiba diam
  • Nafas memburu
  • Mudah marah
  • Mengamuk
  • Menyakiti diri sendiri
  • Emosi berlebihan
  • Kekerasan fisik

Tips Mengatasi Tantrum Pada Anak

Tetap tenang

Tips bila anak tantrum adalah hadapi anak dengan tenang dan usahakan tidak terjebak dalam situasi emosi. Beritahu kepadanya, bila dia tenang maka anda pun akan berbicara padanya tentang keinginannya. Bila anda berada di tempat keramaian, maka bawalah anak anda keluar ruangan sebentar untuk meredakan emosinya.

Carilah pengalihan

Saat anak emosi saat tantrum, maka carilah pengalihan seperti mainan yang telah lama tidak dimainkan atau jajanan kesukaannya untuk menghiburnya.

Ajari berkomunikasi dengan baik

Ketika tantrum anak mereda, maka ajarkan ia untuk mengkomunikasikan apa yang dia inginkan dengan baik dan jelas, sebab itu tidak mengerti apa yang ia inginkan bila marah-marah.

Peluk anak

Ketika anak sedang tantrum maka peluklah anak sampai ia tenang. Jangan sampai melakukan kekerasan fisik sebab merasa kesal melihatnya menjerit-jerit dan menangis. Oleh karena itu, beri ia pelukan saat anak tantrum.

Itulah informasi tentang tantrum pada anak beserta ciri-ciri dan mengatasinya. Bila anak anda tantrum maka anda bisa melakukan cara diatas untuk mengatasinya. Semoga dapat membantu.

Ciri-ciri Tantrum Pada Anak Dan Cara Mengatasinya Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tantrum ialah bagian dari tahap perkembangan anak pada usia pra-sekolah yang ditandai dengan ledakan emosi. Anak-anak yang mengalami emosi saat tantrum biasanya akan menunjukkan ciri-ciri anak tantrum misalnya menangi dengan keras, tiba-tiba berteriak, berguling-guling,...
Anak dan Kehamilan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *