Ciri-ciri Dan Gejala Penyakit TBC

Diposkan oleh : pada tanggal 5 Sep. 2016 Kategori Masalah Kesehatan

Penyakit TBC ialah salah satu penyakit yang menular yang cukup berbahaya maka anda mesti mengetahu  ciri-ciri dan gejala penyakit tbc. TBC merupakan singkatan dari Tuberculosis ialah suatu penyakit yang menyerang system kekebalan tubuh. TBC paling umum menyerang paru-paru manusia, tapi bisa juga menyerang bagian tubuh yang lain seperti tulang kulit ataupun kelenjar.

ciri-ciri dan gejala penyakit tbc

Penyebab Penyakit TBC

Penyakit TBC ialah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Tuberculosis. Bakteri ini dapat ditularkan lewat media udara disaat seseorang yang mengidap penyakit tersebut sedang bersin atau batuk. Meski mampu ditularkan lewat udara, penularan penyakit tersebut tak semudah menularkan flu yang dapat ditularkan dalam beberapa jam. Penyakit TBC memerlukan kala yang lebih lama buat ditularkan , tetapi intensitas berhubungan dengan orang yang mengalami TBC pun mempengaruhi penularan.

Ciri-ciri Dan Gejala Penyakit TBC

Batuk lebih dari 3 minggu.

Salah satu gejala yang paling muncul ialah batuk kira-kira lebih dari minggu disertai dengan dahak yang cukup banyak.

Nyeri dada saat bernafas.

Penyaki TBC pada paru-paru ini dapat memunculkan rasa sakit di dada dikala bernafas. Nyeri dada ini diakibatkan oleh paru-paru yang telah terserang virus dan bakteri maka waktu mengambil nafas dada terasa nyeri.

Keringat berlebihan di malam hari.

Munculnya keringat dingin pada malam hri juga ialah ciri-ciri dna gejala penyakit tbc. Intensitas munculnya keringat ini cukup banyak sampai mampu membuat tubuh jadi basah kuyup, tetapi dalam elemen ini jangan menggunakan kipas angin buat meredakan keringat yang muncul lantaran dengan memakai kipas angin dapat memicu penularan bakteri penyebab TBC ke udara. Akibatnya orang yang di sekitar dapat tertular dengan penyakit tbc.

Kejang-kejang

Ciri-ciri dan gejala penyakit tbc yang lain adalah kejang-kejang seperti halnya orang yang mengidap penyakit epilepsy. Kejang-kejang ini ditimbuljan lantaran bakteri penyebab penyakit TBC ini menyerang system saraf maka menyebabkan kejang-kejang.

Infeksi pada bagia tulang

Para penderita penyakit TBC pun bisa saja mengalami infeksi pada bagian tulang yang disebabkan oleh adanya bakteri yang sudah sampai tulang. Ciri-ciri tbc paru yang akan dialami penderita biasanya yaitu rasa sakit atau nyeri pada bagian persendian dan sulit ketika bergerak.

Batuk berdarah

Tidak Hanya batuk dalam jangka waktu panjang, hal lain yang dapat dialami oleh para penderita penyakit TBC ini yaitu batuk yang disertai bersama keluarnya darah. Jika munculnya keluhan tersebut, sehingga dianggap sebagai penyakit tbc cukup parah.

Urin berwarna merah dan keruh

Keluarnya urin berwarna merah akibat adanya darah di dalam urin atau urin berwarna keruh. Hal ini menandakan bahwa system organ ginjal serta telah terkena masalah itu akibat penyakit TBC itu sendiri atau penyakit TBC memperparah penyakit ginjal yang telah diderita oleh para penderita.

Itulah beberapa ciri dan gejala penyakit tbc. Sebenarnya masih ada lagi ciri-ciri dan gejala penyakit tbc yang lainnya adalah menurunnya nafsu makan, penurunan berat badan secara drastis, demam dan menggigil yang sangat parah. Bila anda mengalami batuk berkepanjangan, nyeri di dada, batuk berdarah dan gejala lainnya yang sudah uraikan diatas maka sebaiknya segera melakukan pemeriksaan ke dokter guna untuk mengetahui dan memastikan apakah anda terkena penyakit tbc atau bukan. Dengan melakukan pemeriksaan ke dokter juga , maka anda akan mendapatkan solusi dan pengobatan penyakit tbc bila anda terjangkit penyakit tersebut.

Terimakasih telah mengunjungi website tips sehat online.

Ciri-ciri Dan Gejala Penyakit TBC Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Penyakit TBC ialah salah satu penyakit yang menular yang cukup berbahaya maka anda mesti mengetahu  ciri-ciri dan gejala penyakit tbc. TBC merupakan singkatan dari Tuberculosis ialah suatu penyakit yang menyerang system kekebalan tubuh. TBC...
Masalah Kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *