Cara Terapi Yang Tepat Untuk Anak Autis

Diposkan oleh : pada tanggal 11 Nov. 2017 Kategori Anak dan Kehamilan

Dalam dunia medis tidak ada obat khusus untuk menyembuhkan autis. Orang tua akan meraasa cemas bila memiliki anak yang autis karena autis dapat menyebabkan rindakan atau perilaku di luar kendali anak. Sehingga kemungkinan anak autis pun akan sulit untuk masuk ke lingkungan sosial seperti sekolah. Cara untuk mengatasi masalah ini ialah dengan memberikan terapi untuk anak autis. Terapi bisa dengan bantuan terapis dan terapi juga bisa dilakukan di rumah.

Cara Terapi Yang Tepat Untuk Anak Autis

Cara Terapi Yang Tepat Untuk Anak Autis

Terapi Dengan Bantuan Terapis atau Pakar Ahli Autis

Terapi ABA (Applied Behavior Analysis)

Terapi untuk anak autis dengan bantuan pakar ahli autis adalah terapi ABA. Tujuannya adalah agar membuat anak dapat mandiri dengan beberapa pendekatan dari seorang terapis. Anak diajarkan untuk bisa bermain, berkomunikasi, cara membantu diri sendiri dan mengenal lingkungan.

Terapi VBT (Verbak Behavior)

Terapi untuk anak autis dengan bantuan terapis adalah terapi VBT. Dalam terapi ini anak akan didorang untuk bisa berkomunikasi lebih aktif dengan semua orang. Anak akan diberi pelajaran tentang arti kata kemudian diikuti dengan contoh baik itu tingkah laku ataupun benda.

Terapi kognitif (Cognitif Behavioral)

Terapi kognitif adalah jenis terapi yang dapat dilakukan anak yang mengalami autis ringan. Walaupun ini terlihat sangat ringan tapi harus diwaspadai oleh semua orang tua supaya anak bisa sembuh dengan cepat.

Terapi pengembangan tingkal laku dan hubungan sosial

Jenis terapi ini dilakukan dengan melibatkan peran penting dari terapis, orang tua dan anak itu sendiri. Kegiatan dilakukan dengan membuat anak mengikuti semua intruksi terapis lalu orang tua bida memberikan dorongan.

Terapi pengembangan hubungan

Terapi ini dilakukan dengan cara membuat anak yang autis terlihat secara emosi dengan keluarga dan terapis. Terapi sangat baik untuk meningkatkan hubungan perasaan dan emosi dengan orang lain. Terapi bisa dilakukan dengan beberapa keterampilan sosial yang sesuai dengan minat anak. Hal yang sangat penting untuk menjalankan terapi ini yaitu melakukan kontak mata dengan anak untuk semua komunikasi.

Terapi pendidikan

Terapi ini dilakukan dalam sekelompok anak yang sama mengalami autis. Terapis akan meminta anak autis tersebut untuk melakukan berbagai kegiatan sesuai dengan intruksi. Hanya saja terapi ini terlihat rumit dan orang tua mungkin tidak sabar untuk mengikuti anak. Oleh sebab itu orang tua tidak harus terlibat dan bisa mengandalkan terapis yang mendampingi anak.

Terapi sosial

Terapi ini sangat penting untuk anak yang mengalami autis. Terapi ini dilakukan dengan membuat anak yang mengalami autis bergabungd engan anak lainnya yang terkena autis. Bisa juga bergabung dengan anak normal yang paham dengan kondisi autis. Manfaat dari terapi inia dalah membuat anak merasakan kondisi yang lebih nyaman, dapat berbicara dengan anak yang lain serta mempunyai rasa percaya diri.

Terapi musik

Terapi lain yangd apat dilakukan untuk anak yang mengalami autis adalah terapi musik. Tujuan terapi ini untuk bisa merangsang 2 bagian otak anak sehingga dapat menguntungkan untuk tingkah laku anak, kebiasaan dan berbagai kemampuan kognitif anak.

Selain dilakukan oleh terapis, terapi juga harus dilakukan di rumah. Berikut ini cara terapi anak autis di rumah:

  • Melatih anak disiplin dengan membuat aturan
  • Melatih anak untuk bisa berkonsentrasi
  • Memberikan pujian kepada anak
  • Latihlah anak untuk bisa bertanggung jawab
  • Latih anak dengan memberikan permainan pada anak
  • Bantu anak supaya anak autis bisa mengenal dunia luar
  • Mengajarkan kosa kata menggunakan cerita
  • Latih anak bagaimana harus bekerjasama
  • Ajarkan anak mengenal simbol
  • Latih anak untuk mengenal rangsangan

Itulah cara terapi anak autis dengan terapis dan di rumah. Bagi anda yang memiliki anak yang autis, anda bisa lakukan terapi dengan terapis dan di rumah.

Cara Terapi Yang Tepat Untuk Anak Autis Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Dalam dunia medis tidak ada obat khusus untuk menyembuhkan autis. Orang tua akan meraasa cemas bila memiliki anak yang autis karena autis dapat menyebabkan rindakan atau perilaku di luar kendali anak. Sehingga kemungkinan anak...
Anak dan Kehamilan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *