Cara Sederhana untuk Atasi Sakit Kepala Akibat Kehujanan

Diposkan oleh : pada tanggal 1 Feb. 2017 Kategori Tips Sehat

Cuaca yang tidak menentu, seperti hujan yang tiba-tiba turun membuat seseorang yang sedang beraktivitas di luar seringkali tidak bisa menghindar dan akhirnya kehujanan. Akibat kehujanan tersebut, tidak sedikit orang yang sering mengeluhkan sakit kepala atau bahkan flu.

5 Cara Sederhana untuk Atasi Sakit Kepala Akibat Kehujanan

Memang tidak dipungkiri, kehujanan, panas yang dipancarkan sinar matahari atau perubahan suhu ekstrem memang dapat mencetuskan sakit kepala pada sebagian orang. Menurut dr. Leni Astuti, yang merupkaan seorang praktisi kesehatan menyebutkan bahwa rasa pusing yang terjadi setelah kehujanna itu terjadi karena menurunnya suhu tubuh, terlebih lagi pada daerah kepala. Kondisi ini membuat tubuh berusaha mengeluarkan energi yang lebih besar untuk mengurangi rasa dingin.

Menurutnya, ketika berada pada lingkungan dingin, kekebalan tubuh akan menurun untuk beradaptasi. Proses adaptasi itulah yang kemudian membuat pembuluh darah menyempit, sehingga menyebabkan pusing.

Jika Anda sering mengalaminya, maka berikut ini merupakan cara sederhana untuk atasi sakit kepala akibat kehujanan :

Buatlah migrain diary

Catatlah setiap kali Anda merasa sakit kepala serta penyebab yang mendasarinya. Dengan demikian, Anda bisa mengetahui hal apa saja yang dapat memicu sakit kepala pada diri Anda. Catatan tersebut bermanfaat untuk mengantisipasi serangan sakit kepala selanjutnya.

Jaga kebutuhan cairan tubuh

Jaga kebutuhan cairan tubuh Anda agar tetap terpenuhi. Ini dapat memperkecil risiko Anda terserang sakit kepala meski kehujanan.

Jaga pola makan

Tips sehat sederhana yang selanjutnya yaitu menjaga pola makan. Pola makan yang sehat dan teratur bermanfaat untuk menjaga fungsi tubuh tetap normal. Dengan begitu, maka risiko serangan sakit kepala menjadi lebih kecil. Meskipun Anda kehujanan atau terpapar pemicu sakit kepala lainnya.

Hindari pemicu sakit kepala lainnya

Tidak sedikit orang yang menghubungkan sakit kepala dengan cuaca, yang sebenarnya disebabkan oleh kondisi lainnya. Ketika hujan dan Anda terserang sakit kepala, maka cobalah untuk menghindari paparan cahaya, suara, atau bau tertentu. Karena bisa jadi sakit kepala yang Anda alami disebabkan oleh hal-hal tersebut.

Selalu sediakan obat sakit kepala

Jika sering mengalami sakit kepala akibat perubahan cuaca, Anda dianjurkan untuk selalu menyediakan obat sakit kepala dimanapun dan kapanpun. Tentu saja Anda tidak mau aktivitas menjadi berantakan hanya karena hujan atau perubahan cuaca yang tidak menentu.

Itulah beberapa tips sederhana untuk atasi sakit kepala akibat kehujanan yang bisa Anda lakukan. Semoga membantu.

By. Sri

Cara Sederhana untuk Atasi Sakit Kepala Akibat Kehujanan Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Cuaca yang tidak menentu, seperti hujan yang tiba-tiba turun membuat seseorang yang sedang beraktivitas di luar seringkali tidak bisa menghindar dan akhirnya kehujanan. Akibat kehujanan tersebut, tidak sedikit orang yang sering mengeluhkan sakit kepala...
Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *