Cara Mudah untuk Mengatasi Anak Susah Tidur

Diposkan oleh : pada tanggal 30 Dec. 2016 Kategori Anak dan Kehamilan Tips Sehat

Ada banyak faktor yang menyebabkan anak susah tidur, seperti perbedaan individual dalam pola dan proses tidur pada setiap anak. Ada yang mudah tidur dan dapat tidur dengan panjang, ada yang sebentar-sebentar terbangun dan helisah, dan ada pula yang butuh distimulasi berlebihan agar bisa tertidur. Kebiasaan ini bisa ditentukan oleh faktor keturunan. Jadi, coba tanyakan pada orantua atau mertua bagaimana dulu kebiasaan tidur Anda atau suami sewaktu kecil.

Kualitas tidur pada anak atau bayi adalah salah satu faktor yang memiliki peran penting bagi tumbuh kembang anak. Jika seorang anak mengalami susah tdiur, maka hal ini akan sangat berpengaruh pada tumbuh kembangnya. Terlebih lagi jika usianya masih bayi, maka hal ini tentu saja akan mengganggu waktu istirahat orangtua juga karena mereka harus menggendongnya hingga anak tidur.

Cara Mudah untuk Mengatasi Anak Susah Tidur

Hampir setiap orangtua pernah menghadapi saat-saat dimana anak susah tdiur. Sebagian hanya berlangsung beberapa saat. Namun, sebagian lainnya berlangsung selama berbulan-bulan, bahkan hingga tahunan.

Masalah susah tidur pada anak tentu tidak bisa disepelekan. Selain dapat mengganggu pola istirahat, sudah tidur juga bisa mengganggu keseharian anak. Faktanya, anak membutuhkan tidur 10-12 jam di malam hari agar tetap ceria dan tidak rewel di hari berikutnya. Selain itu, tidur yang cukup juga diperlukan otak anak untuk mengendapkan memori. Ini merupakan kecerdasannya dikemudian hari.

Namun, bunda tidak perlu khawatir, berikut ini cara mudah untuk mengatasi anak susah tidur :

  • Tentukan jam tidur yang konsisten pada anak

Jika anak diajarkan tidur pada jam yang sama, lama kelamaan anak akan otomatis membiasakan tidur pada jam tersebut. Bangunkan anak di pagi hari, dan atur juga tidur siangnya. Dengan demikian anak akan bisa terbiasa tidur dengan waktu yang telah Anda biasakan.

  • Rutinitas sebelum tidur

Membuat rutinitas menjelang tidur juga bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi anak yang sulit tidur. Rutinitas yang dikerjakan dapat berupa menyikat gigi, mengganti baju tidur, membaca dongeng, hingga mendengarkan musik pengantar tidur. Dengan adanya rutinitas ini, anak akan menjadi lebih memahami bahwa jam tidurnya sudah tiba.

  • Batasi aktivitas menjelang waktu tidur

Salah satu masalah tidur pada anak yang sering ditemui adalah jam tidurnya mendekati tengah malam. Ini sering disebabakn oleh banyaknya aktivitas menjelang jam tidur anak. Maka dari itu, batasi aktivitas fisik anak 2-3 jam mendekati jam tidurnya. Sebaliknya, arahkan aktivitas anak kepada kegiatan yang lebih menenangkan, seperti membaca buku atau mendengarkan musik bersama.

Pola aktivitas ini akan membantu menurunkan ritme kerja tubuh anak. Dengan demikian tubuhnya menjadi lebih rileks dan mudah terlelap saat jam tidurnya tiba.

  • Meredupkan lampu kamar

Semakin terang penerangan kamar, maka semakin anak terstimulasi dan akhirnya sulit untuk tidur. Mendekati jam tidur, mintalah anak untuk masuk ke dalam kamar tidurnya. Kemudian, redupkan lampu di adlam kamar. Lebih baik lagi jika saat anak sudah tidur, lampu kamar benar-benar dimatikan.

Pelepasan hormon melatonin akan berlangsung maksimal saat malam hari, ketika ruangan benar-benar gelap. Pada anak, hormon ini sangat berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuhnya. Selain itu juga menjaga tubuhnya tetap rileks dan membuat tidurnya menjadi lebih lelap.

  • Pijatan ringan yang menenangkan

Cara mudah untuk mengatasi anak susah tidur yang terakhir adalah dengan melakukan pijatan ringan. Sama halnya seperti orang dewasa, anak-anak dan bayi juga menyukai pijatan yang membantu tubuhnya untuk lebih rileks. Selain itu, pijatan ringan sebelum tidur juga dapat membantunyalebih mudha tidur, serta menjaga tidur malamnya lelap dan tenang.

Perlu bunda ketahui, antara anak yang stau dengan yang lainnya memiliki pola tidur yang berbeda. Begitu pula dengan solusi permasalahannya.

Artikel Terkait : Menu Makanan yang Dapat Menenangkan Anak Hiperaktif

By. Sri

Cara Mudah untuk Mengatasi Anak Susah Tidur Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Ada banyak faktor yang menyebabkan anak susah tidur, seperti perbedaan individual dalam pola dan proses tidur pada setiap anak. Ada yang mudah tidur dan dapat tidur dengan panjang, ada yang sebentar-sebentar terbangun dan helisah,...
Anak dan Kehamilan Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *