Cara Mudah Hilangkan Stress Saat Bekerja

Diposkan oleh : pada tanggal 28 Jul. 2016 Kategori Tips Sehat

Tekanan dalam pekerjaan terkadang bisa membuat seseorang menjadi stress. Walaupun stress yang dalam tahapan wajar bisa menjadi penyemangat yangbaik, namun sebaliknya stress berat bisa memengaruhi produktivitas, belum lagi kesehatan emosional dan fisik.

Stress kerja yang memuncak biasnaya disebabkan karena atasan yang kurang bisa memberikan dukungan, beban kerja yang berlebihan, serta rekan kerja yang suka mem-bully atau melakukan kekerasan fisik dilingkungan kerja.

Cara Mudah Hilangkan Stress Saat Bekerja

Tidak jarang stress juga bisa membuat seseorang terjerumus ke dalam pola hidup yang tidak sehat, mulai dari banyak mengonsumsi makanan tidak sehat, melewatkan waktu makan, mengonsumsi alkohol, atau bahkan menjadi lebih sering merokok.

Nah, agar stress tidak terus menerus menekan Anda, mak Anda bisa melakukan beberapa cara mudah hilangkan stress saat bekerja berikut :

Tertawa

Jika pekerjaan cukup membuat Anda stress, maka tertawalah. Anda dapat memaksakan diri tertawa atau melihat sesuatu yang bisa membuat Anda tertawa, seperti video. Apapun itu penyebabnya, tertawa bisa memicu pelepasan hormon endorfin dan dopamin di otak. Kedua hormon tersebut berperan dalam membuat seseorang merasa bahagia.

Istirahat Sejenak

Terlalu capek bekerja bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya stress. Maka dari itu, ketika Anda mulai merasakan tubuh terlalu lelah, maka segeralah beristirahat sejenak dari pekejaan Anda. Anda bisa melakukannya dengan meminum kopi, ngobrol dengan teman, atau bermeditasi sekitar 5 menit.

Jika pekerjaan Anda lebih banyak dihabiskan duduk, maka berdirilah selama 5 hingga 10 menit untuk mengendurkan otot-otot yang tegang.

Kenali Batas Kemampuan

Mengenai sampai mana batas kemampuan dalam menanggung beban kerja merupakan hal yang penting untuk mengurangi stress saat bekerja. Dengan begini, maka Anda juga bisa memperhitungkan berapa lama waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan beban pekerjaan anda. Selain itu, Anda juga bisa terhindar dari rasa lelah yang berlebihan.

Lupakan Pekerjaan Sejenak

Beban atau deadline pekerjaan sering membuat seseorang menjadi tertekan dan stress. Bahkan, idak jarang pula hal ini dapat melebar dan menimbulkan masalah lain di kehidupan pribadi seseorang. Jika Anda merasa diri sudah berada di tahap ini, maka cobalah untuk mengistirahatkan diri Anda sejenak dan lupakan pekerjaan untuk sejenak. Anda bisa mencari hiburan yang bisa membuat Anda tertawa.

Mendengarkan Musik

Cara mudah hilangkan stress saat kerja selanjutnya yaitu bisa dilakukan dengan mendengarkan musik favorit Anda. Pilihlah musik yang santai dan lembut. Agar tidak mengganggu rekan yang lain. Atau Anda juga bisa mendengarkan lagu melalui headset. Dengan mendengarkan musik, Anda bisa sedikit lebih tenang dan rileks. Namun, perlu diingat, jangan mendengarkan musik terlalu lama, karena dapat mengganggu konsentrasi Anda.

Bicarakan dengan Atasan Anda

Bagi sebagian orang, berbicara dengan atasan atau melakukan sesi curhat kecil dengan atasan terkadang merupakan hal yang sedikit canggung. Namun, cobalah untuk membicarakan tentang stress yang Anda alami kepaada atasan. Anda juga berhak untuk menolah atau mengatakan kepada atasan Anda jika merasa beban keja yang diberikan sudah melewati batas kemampuan Anda. Atau bahkan beban pekerjaan yang diberikan diluar tanggungjawab pekerjaan Anda. Namun, selalu berikan solusi alternatif yang sesuai agar atasan tidak kecewa.

Itulah beberapa tips sehat cara mudah hilangkan stress saat bekerja. Semoga bermanfaat.

Cara Mudah Hilangkan Stress Saat Bekerja Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tekanan dalam pekerjaan terkadang bisa membuat seseorang menjadi stress. Walaupun stress yang dalam tahapan wajar bisa menjadi penyemangat yangbaik, namun sebaliknya stress berat bisa memengaruhi produktivitas, belum lagi kesehatan emosional dan fisik. Stress kerja...
Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *