Cara Menjaga Mata yang Sering Lelah saat Bekerja

Diposkan oleh : pada tanggal 1 May. 2017 Kategori Tips Sehat

Mata termasuk organ tubuh yang paling penting dalam kehidupan dan merupakan jendela dunia. Jika mata mengalami gangguan, maka aktivitas yang paling ringan pun tidak dapat diselesaikan dengan baik. Maka tak heran, jika merawat kesehatan mata menjadi hal yang penting untuk dilakukan.

Namun, bagi para pekerja yang sering menghabiskan lebih banyak waktu di depan komputer sering kali mengalami beragam masalah mata yang cukup mengganggu, sepert mata kering, berair, atau yang lainnya saat bekerja. Tidak hanya itu, penggunaan smartphone yang berlebihan juga bisa menimbulkan masalah pada mata.

Untuk menghindari hal tersebut, lakukan beberapa cara menjaga mata yang sering lelah saat bekerja berikut ini :

  • Istirahatkan mata saat bekerja

Baik pekerjaan di dalam maupun di luar ruangan, mata sebagai alat penglihatan harus senantiasa di jaga dengan cara mengistirahatkannya. Memandang komputer terlalu lama dapat menyebabkan kelelahan pada mata. Kondisi lainnya yang dapat terjadi adalah pusing, mata kabur, dan tidak fokus. Usahakan untuk selalu memberikan waktu untuk otot mata beristirahat, setidaknya 2o detik setiap 20 menit sekali.

  • Konsumsi makanan sehat

Memang tidak diragukan lagi, makanan sehat dapat memberikan manfaat bagi tubuh, termasuk untuk mata. Biasakan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin A dan mineral yang penting untuk menjaga kesehatan mata.

  • Hindari mata kering saat bekerja

Faktanya, banyak iritasi yang terjadi ketia mata kering. Selain kesalahan dari kelenjar mata, beberapa penyebab juga sering menjadi alasan mengapa mata kering, seperti kondisi lingkungan sekitar, penuaan, dan pengobatan medis. Mata kering dapat menyebabkan pandangan tidak fokus dan sensitif terhadao cahaya yang terang. Sangat disaranakn untuk mengonsumsi makanan yang mengandung omea 3 seperti telur, minyak ikan, keju, dan daging.

  • Gunakan kacamata

Banyak pekerjaan yang menuntut keamanan mata. Dalam kondisi ini, jangan segan-segan untuk menggunakan kacamata guna menghindari berbagai hal yang dapat membahayakan mata. Sangat direkomendasikan untuk membeli kacamata yang dapat melindungi mata dari sinar UVA dan UVB.

  • Ikuti aturan penggunaan lensa kontak

Lensa kontak dapat memberikan kenyamanan dibandingkan dengan kacamata. Namun juga lebih banyak memerlukan perawatan yang perlu dilakukan agar mata sehat ketika menggunakan lensa kontak. Selalu patuhi aturan penggunaan lensa kontak sehingga dapat menghindari riiko penyakit yang bisa timbul akibat penggunaan lensa kontak.

  • Rutin ke dokter mata

Pergilah ke dokter mata secara rutin untuk memeriksakan kondisi mata Anda. hal ini dapat membantu mengurangi berbagai risiko yang tidak diinginkan. Mata akan diperiksa mulai dari penangkapan cahaya, tekanan darah, hingga fokus pandangan mata. Dengan cara ini, mata akan tetap terjaga dan siap untuk bekerja setiap harinya.

By Sri Maryati

Cara Menjaga Mata yang Sering Lelah saat Bekerja Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Mata termasuk organ tubuh yang paling penting dalam kehidupan dan merupakan jendela dunia. Jika mata mengalami gangguan, maka aktivitas yang paling ringan pun tidak dapat diselesaikan dengan baik. Maka tak heran, jika merawat kesehatan...
Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *