Cara Menjaga Kesehatan Di Usia Lanjut

Diposkan oleh : pada tanggal 16 Apr. 2016 Kategori Gaya Hidup Sehat

Tips Sehat Online,- Menjadi lanjut usia (lansia) yaitu salah satu fase hidup yang dapat di alami oleh seriap manusia, walau usia bertambah dengan diiringi penurunan fungsi organ tubuh namun bukan tak mungkin lansia mampu merasakan hidup sehat.

Salah satu hal yang paling penting ialah merubah kebiasaan. Tidak hanya meninggalkan kebiasaan buruk yang bisa mengganggu kesehatan, tetapi beberapa pola hidup sehat seperti olahraga & menjaga pola makan memang harus dilaksanakan.

cara menjaga kesehatan di usia lanjut (lansia)

 

Cara Menjaga Kesehatan Di Usia Lanjut

1.Pola makan sehat

Cara menjaga kesehatan di usia lanjut yang paling utama ialah pola makan sehat, makanan yang boleh dikonsumsi yang disarankan ialah sayuran, gandum, buah-buahan yang tak memicu asam lambung. Hindari pula segala makanan yang mengandung telur dikarenakan menyebabkan kolesterol tinggi.

2.Olahraga

Olahraga sangat baik untuk menghindari nyeri sendi akibat rematik. Olahraga yang disarankan untuk lansia antara lain berjalan kaki, berenang & olahraga ringan yang dilakukan rutin.

Baca juga : Nutrisi Untuk Kesehatan Tulang Dan Sendi

3.Berhenti merokok pada usia tua

Walaupun anda menerapkan hidup sehat, namun kebiasaan merokok tetap anda lakukan, dapat membuat anda sia-sia. Merokok di usia tua bisa mempunyai resiko lebih besar, dikarenakan daya tahan paru-paru & jantung telah mulai lemah. Berbeda dengan pada waktu muda, jantung bisa memompa darah lebih cepat & lancar dalam mengeluarkan toksin (racun) dalam tubuh.

4.Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin & mineral

Mencegah berbagai penyakit harus di usahakan, terutama bagi lansia. Maka dari itu alangkah baiknya para lansia konsumsi makanan yang mengandung vitamin & mineral seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, daging & poduk susu, telur, hati dsb.

5.Kurangi makanan yang mengandung banyak garam, gula & minyak

Makanan yang mengandung banyak garam, gula & berminyak dapat mengganggu kinerja ginjal selain itu menyebabkan darah tinggi da diabetes.

6.Periksakan darah

Melalui pemeriksaan darah , orang bersama usia senja dapat terhindar dari permasalahan thyroid yang dialami pascamelahirkan & masa premenopause.

7.Chek up rutin

General check up dilakukan secara rutin terutama kalau anda memasuki usia 40 tahun ke atas. Periksa darah untuk mengetahui kadar Hemoglobin (Hb), leukosit, tromobosit , kolesterol, lemak & gliserol pula gula darah. Hal ini dilakukan sebab timbulnya penyakit tak muncul secara tiba-tiba.

8.Beraktifitas fisik secukukpnya

Usia lanjut memang cenderung tak terlalu banyak aktifitas disik. Tapi aktifitas fisik tersebut tetap mesti dilakukan buat mencegah terjadinya penurunan massa otot. Adanya aktifitas fisik pula dapat membuat denyut jantung lebih maksimal. Cuma saja , meski aktifitas tetap dilakukan tapi jangan sampai berlebihan.

Cara Menjaga Kesehatan Di Usia Lanjut Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tips Sehat Online,- Menjadi lanjut usia (lansia) yaitu salah satu fase hidup yang dapat di alami oleh seriap manusia, walau usia bertambah dengan diiringi penurunan fungsi organ tubuh namun bukan tak mungkin lansia mampu...
Gaya Hidup Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *