Cara Menghindari dan Mencegah Depresi

Diposkan oleh : pada tanggal 8 May. 2015 Kategori Tips Sehat

Cara menghindari dan mengatasi depresi,- Depresi merupakan gangguan mental yang sering muncul di tengah masyarakat. Berawal dari stress yang dibiarkan dengan dalih akan sembuh dengan sendirinya. Ironisnya, jika depresi dibiarkan justru akan semakin memperburuk kondisi penderita diabetes.

Orang yang terkena depresi mengalami gangguan mood, kondisi emosional berkepanjangan yang mewarnai seluruh proses mental (berpikir, berperasaan dan berperilaku) seseorang, muncul perasaan tidak berdaya dan kehilangan harapan yang disertai perasaan sedih, kehilangan minat dan kegembiraan sehingga jika dibiarkan tidak sedikit yang memiliki keinginan untuk bunuh diri

Penyebab Utama Depresi

  • Kurang berfikir positif
  • Kurangnya rasa percaya diri
  • Lebih memperhatikan kesalahan
  • Merasa tertekan karena berbagai kewajiban dalam hidup
  • Merasa lemah

Gejala Depresi

Individu yang terkena depresi pada umumnya menunjukkan gejala psikis, gejala fisik dan sosial yang khas. Berikut ini beberapa gejala depresi

  1. Terus menerus merasa sedih, cemas atau suasana hati yang kosong
  2. Perasaan putus asa dan pesimis
  3. Perasaan bersalah, tidak berdaya dan tidak berharga
  4. Kehilangan minat atau kesenangan dalam hobi dan kegiatan yang pernah dinikmati
  5. Penurunan energi dan mudah lelah
  6. Kesulitan berkonsentrasi, mengingat dan membuat keputusan
  7. Insomnia
  8. Nafsu makan berkurang dan penurunan berat badan
  9. Selalu berfikir kematian atau bunuh diri, percobaan bunuh diri
  10. Gelisah dan mudah tersinggung
  11. Terus menerus mengalami gejala fisik yang tidak respon terhadap pengobatan, seperti sakit kepala, gangguan pencernaan dan sakit kronis.

Cara Menghindari dan Mengatasi Depresi

cara menghindari dan mengatasi depresi1. Mengatasi depresi dengan bantuan orang lain

Kita bisa meminta bantuan pada seorang spesialis. Pengobatan ini bertujuan untuk memperbaiki mekanisme biologis dalam pola pikir yang memungkinkan seseorang merasa depresi. Untuk mengatasi dengan efektif, anda juga harus merubah pola pikir dan merubah pandangan anda. Dengan demikian, anda dapat menciptakan perlindungan jangka panjang terhadap depresi.

2. Menerima diri anda sendiri dan kelemahan anda

Terimalah fakta bahwa anda sedang mengalami depresi dan hiduplah berdampingan secara harmonis hingga anda berhasil mengatasinya. Tidak ada seorangpun yang suka merasa depresi, namun anda harus memahami bahwa tidak ada gunanya untuk terus menerus mengatasi depresi pada titik ini karena anda belum memiliki kekuatan, determinasi dan keingingan untuk maju. Cobalah untuk menerima apa yang sedang terjadi dalam diri anda dan sekitar anda dan tunggulah hingga kekuatan anda kembali dan anda merasa mampu untuk mengatasi depresi.

3. Kenali pikiran-pikiran serta perasaan negatif

Teknik yang dapat digunakan adalah dengan mencatat pikirannegatif anda sertiap hari selama beberapa waktu. Lalu anda bisa menghabiskan waktu kira-kira 20 menit setiap haru untuk mengenali, mengelompokkan dan memeriksa pikiran-pikiran negatif tersebut. Catatan pikiran anda dan pemeriksaan atas peneybab rasa depresi tersebut akan membuat anda mampu mengenali alasan mengapa anda terdorong ke keadaan mental yang buruk dan berakhir dengan depresi. Dengan mengenali pola pikir negatif tersebut, anda mampu mencegah dan memperbaiki bahkan menghentikan siklus depresi.

4. Mengatasi depresi dengan bantuan psikoterapi

  • Menyelidiki pemicu depresi dalam pikiran dan sikap anda secara mendalam
  • Membantu anda mengelami masalah yang menyebabkan depresi mana yang bisa anda selesaikan dan masalah mana yang harus anda jalani bersamaan dengan hidup anda
  • Memperbaiki hubungan anda
  • Membantu anda menemukan kebahagiaan hidup yang hilang karena depresi
  • Membantu anda mengekspresikan perasaan anda dengan lebih baik
  • Membantu anda meningkatkan rasa percaya diri dan harga diri anda
  • Membantu and amengubah hidup anda menjadi lebih baik
  • Membantu anda dalam menetapkan tujuan hidup anda yang akan menigkatkan kualitas hidup anda.

Semakin sehat dan kuat diri anda, semakin mudah pula anda mengatasi depresi dengan bantuan psikoterapi. Namun, sangatlah penting bagi anda untuk mengembangkan teknik pribadi anda untuk memonitor dan mengendalikan diri anda sendiri untuk mengubah pandangan serta pola pikir mengatasi depresi.

| Cara Menghindari dan Mencegah Depresi

 

 

By. Tips sehat online

Cara Menghindari dan Mencegah Depresi Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Cara menghindari dan mengatasi depresi,- Depresi merupakan gangguan mental yang sering muncul di tengah masyarakat. Berawal dari stress yang dibiarkan dengan dalih akan sembuh dengan sendirinya. Ironisnya, jika depresi dibiarkan justru akan semakin memperburuk...
Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *