Cara Menggunakan Manfaat Serai Sebagai Obat Tradisional

Diposkan oleh : pada tanggal 9 Sep. 2016 Kategori Tips Sehat

Serai, merupakan salah satu tanaman yang masih tersedia banyak di lingkungan kita. Serai juga memiliki ciri khas dari bau harum yang dimilikinya. Manfaatnya Serai cukup sering digunakan dalam pembuatan bahan baku sehari-hari seperti lotion, sabun dan minyak. Selain dari harumnya yang menyenangkan, Serai juga ternyata sangat bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit. Salah satunya bisa digunakan untuk ramuan obat tradisional batuk, sakit gigi, sakit maag, dan keseleo. Dan kali ini kami hadirkan untuk Anda bagaimana tentang Cara Menggunakan Manfaat Serai Sebagai Obat Tradisional.

Manfaat Serai.

Diketahui jika Serai memiliki kandungan antimikroba dan antibakteri sehingga dapat bermanfaat baik dalam mencegah dan menangani infeksi. Tidak hanya itu, kandungan senyawa analgesik di dalamnya membantu meredakan rasa sakit di kepala serta nyeri otot dan sendi. Manfaat lainnya dari Serai adalah dapat digunakan sebagai penurun panas, meluruhkan dahak dan mengobati batuk, obat kumur serta menghangatkan badan.

Khasiat Serai sebagai obat tradisional.

Cara Menggunakan Manfaat Serai Sebagai Obat Tradisional

Berikut adalah khasiat dari Serai sekaligus beberapa resep yang bisa Anda gunakan jika sewaktu-waktu Anda perlu, selengkapnya :

1. Serai untuk obat Batuk.

Jika Anda menglami Batuk yang tidak kunjung sembuh, Anda dapat mencoba resep dengan bahan Serai untuk membantu menyembuhkannya.

Resep 1: Rebus 50 gram daun Serai kering ke dalam 2 gelas air. Rebus sampai air menyusut hingga menjadi setengah gelas. Minum 3x sehari untuk mengusir Batuk.

Resep 2: Ambil akar Serai sebanyak 5 gram. Cuci hingga bersih kemudian rebus dengan 1 gelas air selama kurang lebih 15 menit. Bagi menjadi 2 hasil rebusan Serai, lalu diminum pada pagi dan sore hari.

2. Serai untuk obat sakit gigi.

Resep : Gunakan 40 gram daun Serai segar, lalu rebus kedalam 2 gelas air sampai sisa air tinggal ½ gelas. Gunakan air rebusan tersebut sebagai obat kumur untuk mengatasi sakit gigi.

3. Serai untuk obat keseleo atau terkilir.

Resep: Gunakan 2 batang Serai, 3 buah kemiri dan sedikit air lalu ditumbuk . Panaskan semuanya diatas api. Setelah cukup panas, tempatkan pada bagian yang keseleo atau terkilir.

4. Serai untuk obat sakit Maag.

Resep: Gunakan 40 gram Serai segar. Rebus dalam 2 gelas air dan biarkan sampai air tersisa ½ gelas. Minum 2x sehari untuk mendapatkan khasiatnya.

5. Serai untuk obat pengusir nyamuk.

Resep: Letakkan hanya daun Serai juga minyak zaitun dalam wadah aromaterapi. Nyalakan lilin yang ada di bawah wadah aromaterapi. Api yang menyala akan membuat wangi dari daun Serai menyebar. Wangi ini tidak disukai nyamuk, sehingga bermanfaat untuk mengusir nyamuk alami.

6. Serai untuk obat menghilangkan nyeri dan menghangatkan tubuh.

Resep: Anda dapat mengoleskan minyak Serai pada tubuh untuk meredakan rasa nyeri sendi, pegal pada otot juga sakit kepala. Minyak Serai yang dioleskan pada tubuh akan memberikan rasa hangat serta kandungan analgesik yang berguna mengurangi dan meredakan rasa nyeri. Minyak Serai dapat dibeli pada apotik atau toko obat.

Semoga dapat bermanfaat, salam!

Cara Menggunakan Manfaat Serai Sebagai Obat Tradisional Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Serai, merupakan salah satu tanaman yang masih tersedia banyak di lingkungan kita. Serai juga memiliki ciri khas dari bau harum yang dimilikinya. Manfaatnya Serai cukup sering digunakan dalam pembuatan bahan baku sehari-hari seperti lotion,...
Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *