Cara Mengatasi Sakit Perut Karena Menstruasi

Diposkan oleh : pada tanggal 31 Jul. 2015 Kategori Tips Sehat

Tips Sehat Online kali ini akan berbagi informasi mengenai cara mengatasi sakit perut karena menstruasi. Hampir semua perempuan yang mengalami menstruasi di hari pertama dan kedua biasanya mereka akan mengalami sakit perut. Sakit perut ini bukan sakit perut biasa, sakit perut seperti ini terjadi karena terjadinya perubahan hormon yang diakibatkan dari datangnya mentruasi tersebut.

Selain perubahan hormon, saat mentruasi tubuh wanita juga akan mengalami eprubahan. Diantaranya nafsu makan turun atau justru bertambah, punggung nyeri, kedinginan, dan yang paling sering adalah nyeri atau kram perut. Sakit perut yang terjadi ini sering membuat aktifitas terganggu karena membuat tidak nyaman. Agar hal ini tidak terjadi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Diantaranya adalah:

sakit perut mentruasi

1. Memperhatikan Asupan Makanan.
Mengonsumsi makanan dengan kandungan serat yang tinggi sangat disarankan ketika Anda sudah mendekati tanggal menstruasi. Mayo Clinic menuliskan bahwa mengonsumsi makanan kaya vitamin E, vitamin B1 dan vitamin B6 akan mengurangi nyeri dan kram yang sering terjadi saat menstruasi.

2. Kompres Air Hangat
Jika nyeri datang, berbaringlah di atas tempat tidur atau sofa yang nyaman. Kompres perut Anda dengan air hangat. Kompres tersebut dapat melemaskan otot yang kaku sekaligus memberi rasa nyaman pada tubuh. Jangan lupa istirahat dan tidur yang cukup selama menstruasi.

3. Jangan Dulu Minum Kopi
Suka mengonsumsi kopi setiap hari? Sebaiknya jauhi dulu minuman sini selama Anda menstruasi. Kafein akan memperparah kram yang Anda alami dan membuat tubuh tidak nyaman. Sehingga menjauhi kopi sementara akan sangat membantu mencegah kram.

4. Jangan Diam Saja
Tidak ada larangan untuk aktif bergerak atau olahraga selama masa menstruasi. Anda tetap dapat melakukan berbagai kegiatan. Semakin Anda bergerak, tubuh akan lepas dari stres dan mengurangi nyeri. Lakukan olahraga ringan, misalnya senam, jogging dan sebagainya.

5. Minum Cukup Air
Jaga agar asupan cairan tercukupi saat sedang menstruasi. Jangan lupa minum air yang cukup, konsumsi juga jus buah segar yang Anda buat sendiri untuk mencukupi kebutuhan serat. Tapi ingat, ladies, hindari dulu minuman tinggi gula seperti soft drink atau jus buatan. Selalu bawa botol air agar Anda tidak dehidrasi.

Demikianlah hal-hal yang bisa Anda lakukan ketika merasakan sakit saat mentruasi. Semoga Cara Mengatasi Sakit Perut Karena Menstruasi diatas dapat bermanfaat untuk Anda. Salam!

Cara Mengatasi Sakit Perut Karena Menstruasi Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tips Sehat Online kali ini akan berbagi informasi mengenai cara mengatasi sakit perut karena menstruasi. Hampir semua perempuan yang mengalami menstruasi di hari pertama dan kedua biasanya mereka akan mengalami sakit perut. Sakit perut...
Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *