Cara Mengatasi Rasa Kantuk Berlebih Saat Berpuasa

Diposkan oleh : pada tanggal 30 Jun. 2015 Kategori Tips Sehat

Selamat datang kembali pada situs Tips Sehat Online! Di bulan Ramadhan ini, memang selalu memiliki banyak gangguan dan godaan, salah satunya adalah rasa ngantuk yang berlebihan pada siang hari. Hal ini tentu saja harus diatasi, terlebih bagi mereka yang memiliki rutinitas seperti sekolah dan bekerja.

mengatasi rasa ngantuk saat puasa
Rasa ngantuk yang berlebihan seperti saat berpuasa terjadi karena kurangnya pasokan glukosa dan oksigen ke otak. Otak memerlukan setidaknya 60% asupan glukosa agar tetap segar. Menurunnya glukosa sangat berpengaruh karena pada saat kadar gula darah menurun produksi glikogen yang memberi cadangan energi bagi tubuh agar bisa tetap beraktivitas dengan lancar juga otomatis akan menurun. Penyebab lainnya yang membuat ngantuk berlebihan saat berpuasa adalah kekurangan asupan zat besi. Zat besi sangat berguna dalam membantu tubuh menyerap oksigen lebih banyak ke otak. Lancarnya aliran oksigen ke otak juga membuat peredaran darah ke otak menjadi lancar dan membuat mata tidak merasa berat akibat ngantuk selama berpuasa.

Untuk mengatasi rasa ngantuk berlebih saat berpuasa, dapat diatasi dengan tidak melewatkan makan sahur. Kemudian perhatikan menu makan sahur dan pastikan menu makanan tersebut cukup mengandung karbohidrat kompleks. Mengkonsumsi makanan dengan mengandung kadar karbohidrat kompleks saat berpuasa membantu tubuh memperoleh asupan glukosa yang lebih banyak. Sangat penting juga dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi, seperti sayuran hijau, ikan dan kacang-kacangan. Sahur dengan banyak sayuran akan membuat tubuh segar di siang hari dan membuat perut merasa kenyang lebih lama.

Dan hindari langsung tidur ketika sudah melaksanakan sahur. Tidur setelah sahur akan membuat cepat mengantuk di siang harinya. Anda bisa melakukan olahraga kecil sekitar 10-15 menit setelah sahur. Dengan berolahraga selain membuat tubuh tetap segar saat berpuasa, aktivitas tersebut juga mencegah tubuh bertambah gemuk saat puasa. Banyak manfaatnya bukan?

Nah, semoga bermanfaat ya. Salam!

Cara Mengatasi Rasa Kantuk Berlebih Saat Berpuasa Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Selamat datang kembali pada situs Tips Sehat Online! Di bulan Ramadhan ini, memang selalu memiliki banyak gangguan dan godaan, salah satunya adalah rasa ngantuk yang berlebihan pada siang hari. Hal ini tentu saja harus...
Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *