Cara Mengatasi Rasa Gatal Pada Cacar Air

Diposkan oleh : pada tanggal 28 Aug. 2017 Kategori Tips Sehat

Gangguan penyakit cacar air muncul akibat infeksi cirus Varicella Zoster. Infeksi ini menyebabkan penderitanya mengalami ruam merah yang kemudian bermunculan beberapa benjolan / bintilan kecil berisi cairan bening di kulit. Ruam kemerahan ini akan semakin banyak sampai memasuki hari ke 5, dan kemudian baru bisa sembuh dengan perbaikan daya tahan tubuh.

Yang jadi permasalahan pada penyakit cacar air tidak lain adalah rasa gatal yang turut timbul dengan ruam dan bintil. Rasa gatal ini tidak tertahankan dan sangat menganggu. Untuk itu, penanganan gatal akibat cacar air harus dilakukan dengan benar. Cacar air lebih banyak menyerang usia anak walaupun orang dewasa juga dapat mengalaminya.

Cara Mengatasi Rasa Gatal Pada Cacar Air

Baca juga : Pengobatan Cacar Air Untuk Anak Usia 1-5 Tahun

Adapun Cara Mengatasi Rasa Gatal Pada Cacar Air yang bisa dilakukan dirumah, diantaranya :

1. Mandi.

Siapa bilang saat cacar tidak boleh mandi? Mandi dengan air hangat maupun dingin dapat membantu mengatasi rasa gatal pada cacar air. Mandi selama 20-30 menit sesuai dengan kebutuhan akan menjaga kulit tetap bersih dan menenangkan kulit yang gatal. Jika anak Anda yang masih kecil terserang cacar, bantulah mereka untuk mandi. Jangan gunakan sabun, atau gunakanlah sabun mandi ringan. Sabun mandi ringan maksudnya sabun yang dibuat untuk kulit sensitif atau sabun untuk bayi. Anda juga bisa menambahkan segenggam oatmeal ke dalam air mandi atau mencoba produk oatmeal bath, seperti Aveeno. Segera keringkan kulit setelah mandi. Usahakan jangan sampai menggosok kulit dengan kasar karena dapat menyebabkan ruam merah pecah.

2. Kompres.

Anda dapat mengompres ruam merah dengan air dingin. Gunakan kain yang lembut dan menyerap, seperti kain handuk halus. Basahi kain dengan air dingin dan sentuhkan kompres dingin langsung ke kulit.

Anda juga bisa membuat bubur oatmeal dan oleskan ke area yang gatal. Caranya yaitu:

  • Siapkan oatmeal yang telah digiling menjadi bubuk.
  • Campurkan dengan sedikit air hangat hingga menyerupai bubur. Oleskan oatmeal yang telah menjadi bubur pada tisu.
  • Letakkan tisu yang telah diolesi bubur oatmeal ke area gatal pada kulit. Diamkan selama 10 sampai 15 menit.
  • Kemudian dengan lembut cuci dan keringkan kulit yang basah.

3. Lotion.

Oleskan lotion yang bisa membantu mengatasi rasa gatal pada cacar air.

Hindari menggunakan lotion yang mengandung antihistamin. Anda bisa mencoba lotion yang mengandung: fenol, mentol, dan kamper, seperti lotion kalamin, serta lotion yang mengandung oatmeal, seperti Aveeno Lotion.

4. Mencegah iritasi kulit mencegah iritasi.

Kulit dapat dilakukan dengan beberapa praktik kebersihan umum berikut: Pakailah pakaian katun yang longgar. Ganti baju dan seprei setiap hari dengan bahan yang lembut. Gunakan deterjen ringan jika pakaian atau linen menimbulkan iritasi kulit.

5. Antihistamin Lotion atau krim yang mengandung antihistamin tidak boleh digunakan untuk cacar air.

Tapi mengonsumsi obat yang mengandung antihistamin akan membantu mengatasi rasa gatal pada cacar air. Antihistamin yang diminum dapat mencegah Anda atau anak Anda dari menggaruk ruam merah yang menyebabkan lecet, terutama saat tidur. Beberapa antihistamin bisa dibeli di apotik maupun toko obat, seperti CTM. Jika Anda menggunakannya tanpa resep dokter, maka ikuti petunjuk di label dengan seksama.

Cobalah metode berikut untuk mencegah infeksi kulit yang bisa terjadi akibat garukan:

  • Bersihkan dan potong kuku jari anak.
  • Pakaikan sarung tangan untuk mencegah goresan, atau gunakan perban ringan pada luka lecet.
  • Sering mencuci tangan.
  • Segera obati anak saat Anda menemukannya tergores akibat garukan.
Cara Mengatasi Rasa Gatal Pada Cacar Air Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Gangguan penyakit cacar air muncul akibat infeksi cirus Varicella Zoster. Infeksi ini menyebabkan penderitanya mengalami ruam merah yang kemudian bermunculan beberapa benjolan / bintilan kecil berisi cairan bening di kulit. Ruam kemerahan ini akan...
Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *