Cara Mengatasi Alergi Susu Sapi Pada Anak Balita

Diposkan oleh : pada tanggal 29 Oct. 2016 Kategori Masalah Kesehatan Tips Sehat

Alergi susu sapi pada anak balita, termasuk kasus alergi yang paling umum terjadi di masyarakat. Alergen, sebutan bagi zat pemicu alergi yang paling dicurigai adalah yang berada pada makanan. Untuk itu, para orangtua wajib mengetahui dan mengenal jenis-jenis penyakit alergi terbatas pada alergi susu sapi serta beberapa gejala yang menjadi tanda-tandanya.

Cara Mengatasi Alergi Susu Sapi Pada Anak Balita

Cara mengetahui apakah alergi terjadi akibat anak yang mengkonsumsi susu sapi dapat terlihat dari tanda-tanda seperti keluarnya gejala gatal di kulit, serta diare. Hal ini dapat terjadi dalam waktu singkat sesaat setelah anak mengkonsumsi susu sapi, atau dalam beberapa jam setelahnya. Jika terjadi hal demikian, maka segera konsultasikan ke dokter terdekat.

Berdasarkan penjelasan alergi susu sapi yang disebutkan diatas akibat dari belum sempurnanya sistem pencernaan bayi dan balita sehingga protein susu sapi belum bisa dicerna. Jika terlihat gejala-gejala penyakit alergi susu sapi pada bayi, silahkan ikuti cara-cara sederhana ini:

  • Mulai hentikan pemberian susu sapi untuk sekitar 6 bulan kedepan.
  • Mengganti susu sapi dengan susu kedelai selama masa 6 bulan ini.
  • Berikan lagi susu sapi jika sudah lewat masa 6 bulan tersebut.
  • Jika masih terlihat gejala-gejalanya maka ulangi lagi langkah-langkah di atas sampai tidak ada lagi gejala-gejala alergi susu sapi pada bayi.

Fakta bahwa separuh dari jumlah anak yang menderita penyakit alergi susu sapi juga mengidap alergi susu kedelai memang banyak terjadi. Sehingga orangtua harus berhati-hati saat memberikan susu kedelai sebagai ganti susu sapi. Selalu perhatikan tubuh bayi untuk mengetahui sedini mungkin jika timbul gejala-gejala alergi susu kedelai.

By—Hani H.

Cara Mengatasi Alergi Susu Sapi Pada Anak Balita Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Alergi susu sapi pada anak balita, termasuk kasus alergi yang paling umum terjadi di masyarakat. Alergen, sebutan bagi zat pemicu alergi yang paling dicurigai adalah yang berada pada makanan. Untuk itu, para orangtua wajib...
Masalah Kesehatan Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *