Cara Mencegah Sesak Nafas Yang Harus Diketahui

Diposkan oleh : pada tanggal 30 May. 2017 Kategori Tips Sehat

Pencegahan sesak nafas tidak hanya dilakukan oleh orang yang belum pernah mengalami sesak nafas saja, tapi juga pencegahan bisa dilakukan oleh orang yang pernah mengalami sesak nafas. Sebelum masuk ke pembahasan cara mencegah sesak nafas, alangkah baiknya mengetahui dahulu tentang penyebab sesak nafas dan gejalanya.

Penyebab dan gejala sesak nafas

Ada beberapa faktor yang dapat memicu sesak nafas diantaranya ketegangan pada otot, susunan tulang bermasalah, tubuh kekurangan cairan, faktor lingkungan, faktor keturunan dan tidak stabilnya emosi.

Penyebab sesak nafas juga bisa diakibatkan oleh penyakit yaitu kanker paru-paru, bronkietasis, penyempitan katup jantung dan obesitas.

Gejala sesak nafas yang sering ditemui yaitu irama jantung terganggu, nafas terhenti sesaat waktu tidur, batuk, dan cepat lelah.

cara mencegah sesak nafas yang harus diketahui

Cara Mencegah Sesak Nafas

Olahraga secara rutin

Salah satu cara mencegah sesak nafas adalah lakukan olahraga secara rutin. Oleh karena itu bagi anda yang sedang dalam kondisi sehat, belum pernah mengalami sesak nafas maka lakukan olahraga secara rutin. Terlebih untuk anda yang pernah mengalami sesak nafas, sebaiknya lakukan olahraga secara rutin. Karena olahraga secara rutin akan membantu paru-paru menjadi lebih sehat. Begipun dengan pernapasan, pernapasan juga akan menjadi lebih mudah bila paru-paru sehat. Dengan demikian anda akan terhindar dari sesak nafas.

Banyak minum air putih

Kurang minum air putih atau kekurangan cairan pada tubuh maka kemungkinan akan menimbulkan sesak nafas. Sebab lendir paru-paru yang digunakan untuk bernapas mengental sehingga bila kekurangan cairan akan membuat kentalan itu menjadi sulit digunakan bernapas. Ketika cairan mengental, maka mikroba akan mudah masuk dan menyerang sehingga akan membuat paru-paru mudah terinfeksi berbagai virus.

Atur cara napas

Mengatur cara bernapas sesekali juga diperlukan dalam penjagaan paru-paru dan sistem pernapasan, sesekali bisa menggunakan napas dengan perut.

  • Letakkan bantal dibawah kepala dan berbaring dengan nyaman, lalu tekuk lutut dan relaksasikan perut.
  • Letakkan salah satu tangan ke perut dan satu lagi ke dada.
  • Tekan tangan yang diperut untuk menekan perut lalu tangan yang satu lahi digunakan untuk memegang dada.
  • Sesudah semua siap maka mulailah bernapas dengan perlahan, gunakan otot perut untuk bernapas.
  • Lakukan hal ini berulang-ulang hingga tubuh merasa lebih baik.

Yoga

yoga bermanfaat untuk mengatur cara bernapas. Selain itu, yoga juga termasuk olahraga yang mudah untuk merelaksasikan tubuh dan membuat lebih tenang. Begitupun dengan pernapasan, bila tubuh tenang, maka pernapasan akan tenang sehingga akan memperoleh secara optimal.

Hindari rokok

Selain olahraga, cara mencegah sesak nafas juga bisa dengan berhenti merokok. Karena rokok mengandung banyak nikotin yang dapat merusak paru-paru. Sehingg akan membuat napas menjadi sulit. Oleh karena itu bagi anda para perokok aktif yang belum pernah atau pernah mengidap sesak nafas, sebaiknya berhenti merokok. Dan bagi perokok pasif juga harus menghindari asap rokok, terlebih bagi anda yang pernah mengidap sesak nafas.

Hindari polusi udara yang kotor

Terbiasa menghirup polusi udara yang kotor akan menyebabkan paru-paru menjadi kotor sehingga paru-paru sulit untuk menyaring udara. Agar polusi udara yang kotor tidak terhirup, sebaiknya gunakan masker ketika sedang mengendari motor.

Mengontrol emosi

Seseorang yang sedang emosi akan merasakan sesak nafas di bagian dada. Oleh karena itu, selalu mengontrol emosi supaya tubuh atau diri anda tenang. Hal ini akan membantu tubuh untuk lebih mudah memperoleh oksigen dari lingkungan.

Itulah beberapa cara untuk mencegah sesak nafas. Semoga dapat bermanfaat.

Cara Mencegah Sesak Nafas Yang Harus Diketahui Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Pencegahan sesak nafas tidak hanya dilakukan oleh orang yang belum pernah mengalami sesak nafas saja, tapi juga pencegahan bisa dilakukan oleh orang yang pernah mengalami sesak nafas. Sebelum masuk ke pembahasan cara mencegah sesak...
Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *