Cara Mencegah Ginjal Dari Kerusakan

Diposkan oleh : pada tanggal 8 May. 2017 Kategori penyakit Tips Sehat

Saat fungsi ginjal rusak akibat beragam faktor, masalah kesehatan pun tidak dapat dihindari lagi. Bahkan, menurut ahli praktisi mengungkap jika gejala dari kerusakan ginjal, biasanya muncul dengan perlahan sehingga tidak banyak yang menyadarinya. Akibat dari kondisi tersebut, sebanyak 90% fungsi ginjal akan mengalami kegagalan.

Sebenarnya, apa saja fungsi Ginjal? Ginjal, termasuk organ penting dalam tbuh dengan fungsi sebagai pengatur kadar garam dan asam di dalam tubuh, membuang limbah dan cairan berlebih di dalam tubuh, serta menjaga tekanan darah.

Cara Mencegah Ginjal Dari Kerusakan

Untuk mempertahankan fungsi ginjal tetap sehat, berikut ini adalah Cara Mencegah Ginjal Dari Kerusakan yang bisa Anda lakukan.

1. Melakukan tes kondisi ginjal.

Baik Anda yang memiliki resiko atau pun tidak untuk terkena penyakit ginjal, ada baiknya untuk tetao melakukan pemeriksaan fisik ginjal secara tahunan. Terdapat 2 tes sederhana untuk mengetahui kondisi ginjal, yakni tes urine (untuk mengetahui kondisi albumin) juga tes darah (mengetahui creatinine).

2. Melakukan kontrol tekanan darah dan gula darah.

Tekanan darah tinggi dan Diabetes, keduanya merupakan penyebab utama terjadinya gangguan ginjal. Seperti yang kita ketahui jika ginjal merupakan organ vaskular yang berarti di dalamnya terdapat banyak pembuluh darah. Jika ada penyakit terkait pembuluh darah yakni tekanan darah tinggi dan Diabetes berpotensi merusak ginjal.

3. Menjaga berat badan.

Menjaga berat badan adalah salah satu aspek penting menjaga Ginjal tetap sehat. Saat tubuh gemuk, ini artinya ginjal perlu bekerja lebih keras untuk menyaring racun.

4. Berhenti dari kebiasaan merokok.

Bukan rahasia lagi jika erokok dapat memperburuk kondisi Ginjal dan beragam penyakit berbahaya lainnya. Berhenti merokok itu sulit, namun akan lebih meemrlukan perjuangan untuk membuat kondisi Ginjal dan tubuh secara keseluruhan sehat.

5. Rutin berolahraga dan menjaga asupan makanan.

Dijelaskan di atas bahwa kerusakan pada ginjal terjadi secara perlahan. Dengan mengonsumsi makanan sehat setiap hari serta rutin melakukan aktivitas fisik membantu mengurangi risiko penyebab penyakit ginjal.

6. Berhati-hati konsumsi obat nyeri.

Banyak resep dari obat yang dijual bebas, termasuk antinyeri, yang nantinya disaring oleh Ginjal. Pastikan untuk mmengonsumsi obat selalu berdasarkan resep dokter dan pun petunjuk yang ada. Hindari penggunaan obat yang berbahaya untuk ginjal seperti ibuprofen dan naproxen.

Terapkan gaya hidup sehat sekarang juga, semoga bermanfaat.

Salam, Tips Sehat.

Posted by Hani H.

Cara Mencegah Ginjal Dari Kerusakan Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Saat fungsi ginjal rusak akibat beragam faktor, masalah kesehatan pun tidak dapat dihindari lagi. Bahkan, menurut ahli praktisi mengungkap jika gejala dari kerusakan ginjal, biasanya muncul dengan perlahan sehingga tidak banyak yang menyadarinya. Akibat...
penyakit Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *