Cara Mencegah Anak Ketagihan Minuman Bersoda

Diposkan oleh : pada tanggal 1 Dec. 2016 Kategori Tips Sehat

Anak-anak zaman sekarang memang sangat menyukai jenis makanan dan minuman instant, seperti junk food, dan minuman bersoda misalnya. Tapi Anda sebagai orangtua harus bisa membatasi jika anak-anak Anda adalah penyuka jenis makanan dan minuman tersebut. Salah-salah jika ini menjadi kebiasaan, maka hal ini juga tidak akan baik untuk kesehatannya.

Jika anak Anda adalah penggemar minuman soda, sebaiknya tidak terlalu sering membiarkan anak Anda mengkonsumsinya. Mengapa? Karena minuman bersoda tidak memiliki kandungan gizi apapun di dalamnya.

Bahkan, menurut beberapa peneitian minuman bersoda justru malah akan membuat mereka yang mengkonsumsinya beresiko menderita beberapa penyakit seperti obesitas, diabetes, dan jika ini terjadi pada anak akan berdampak buruk bagi pertumbuhan tulang dan juga gigi. Gila dalam soda yang bercampur liur di dalam mulut akan membentuk asam yang dapat melemahkan enamel gigi, dan menyebabkan pembusukan. Jika anak sudah terlalu kecanduan dengan minuman bersoda, sebaiknya Anda ketahui Cara Mencegah Anak Ketagihan Minuman Bersoda berikut ini.

Cara Mencegah Anak Ketagihan Minuman Bersoda

1. Mendidik.

Sudah waktunya Anda mendidik anak Anda tentang pilihan minuman atau makanan yang sehat yang harus mereka konsumsi. Semua anak tahu jika soda adalah minuman yang enak, itulah alasan mengapa mereka sangat menyukainya. Namun, ajarkan mereka untuk mulai melihat minuman lain yang menyehatkan juga enak.

2. Dengan memberikan contoh.

Anda dapat membuat peraturan untuk tidak boleh meminum soda di rumah serta beri contoh kepada anak bahwa ada minuman lain yang lebih enak dan sehat dibanding soda. Misalnya, beri contoh jika Anda meminum minuman sehat seperti jus dari buah atau sayur, dan cobalah untuk berbagi dengan anak. Sehingga nanti anak akan mengikuti kebiasaan dari orangtuanya. Begitupun jika sedang makan di luar rumah untuk memesan minuman selain soda.

3. Minuman selain soda.

Ketika Anda memulai menjauhkan minuman soda dari anak, cobalah untuk menggantinya dengan minuman infused water yang ditambahkan dengan buah-buahan yang disukai mereka. Jangan mengalihkan minuman soda dengan soda diet karena berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa soda diet dapat menambah berat badan. Perlu diingat bahwa air yang berisi buah-buahan mengandung asam yang berisiko mengikis enamel gigi. Cobalah minum infused water dengan sedotan dan gunakan pasta gigi yang melindungi enamel gigi anak Anda.

4. Memujinya.

Setelah Anda berhasil untuk membuat anak-anak Amengurangi minuman bersoda, cobalah untuk memuji mereka. Anda juga dapat memberi mereka hadiah dengan mengajak ke tempat main favorit mereka atau benda kesukaannya.

5. Beri izin anak minum soda di saat-saat tertentu saja.

Jika ternyata anak Anda masih belum bisa lepas dari kecanduannya dengan minuman bersoda, tetap batasi minum. Anda masih bisa memberikan mereka minuman bersoda hanya di acara khusus atau spesial misalnya kelulusan, pesta ulang tahun atau saat menonton film di bioskop.

Semoga bermanfaat, salam!

By. Hani H.

Cara Mencegah Anak Ketagihan Minuman Bersoda Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Anak-anak zaman sekarang memang sangat menyukai jenis makanan dan minuman instant, seperti junk food, dan minuman bersoda misalnya. Tapi Anda sebagai orangtua harus bisa membatasi jika anak-anak Anda adalah penyuka jenis makanan dan minuman...
Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *