Cara Memasak Sayuran Yang Benar Dan Sehat

Diposkan oleh : pada tanggal 15 Feb. 2016 Kategori Tips Sehat

cara memasak sayuran yang benar dan sehat,- Sayuran ialah sumber nutrisi bagi tubuh yang sebenarnya paling baik dimakan dalam kondisi segar tidak dengan dimasak. Ini lantaran kandungan vitamin & enzimnya yang berguna bagi tubuh akan tetap utuh. Cuma saja kita sering tak tahu bagaimana sayuran tersebut ditanam.

Sisa-sisa peptisida atau bakteri kemungkinan tetap melekat pada sayuran segar & tidak bisa hilang begitu saja meskipun telah dicuci. Dalam keadaan begitu, memang pilihan yang paling aman yakni dengan memasaknya terlebih dulu.

Baca juga : Beberapa sayuran paling tinggi nutrisi

Memasak sayuran pula tentunya tak boleh sembarangan supaya tetap menarik & sehat ketika dimakan. Seandainya salah mengolahnya, sayuran dapat jadi sampah bagi tubuh tanpa satu manfaatpun bisa kita peroleh.

cara memesak sayuran yang benar

Cara Memasak Sayur Yang Benar & Sehat

1.Merebus

Ini merupakan cara yang paling cepat untuk memasak sayuran. Masukan sayuran sesudah air mulai mendidih & jangan sampai direbus terlampaui lama. Dengan demikian tekstur sayuran tidak terlampau lembek & warnanya juga tetap terlihat cerah.

2.Mengukus

Cara ini mempunyai beberapa keunggulan antara lain : kandungan vitamin lebih terjaga lantaran tak larut dalam air , sayuran lebih kesat & juga terasa lebih renyah. Jika menggunakan panci dengan saringan/jaring pengukus, isikan air sesuai takaran kemudian didihkan. Kukus sayuran sampai matang, tetapi janganlah terlampaui lama kagar tetap renyah & warnanya bagus.

3.Menumis

Cara ini paling umum & digemari orang indonesia. Gunakan sedikit minyak & panaskan lalu. Yang pertama dimasukan yaitu bumbu iris/halus. Tumis hingga harum baru masukan sayuran. Sayuran bertekstur keras sebaiknya dimasukan lebih dahulu lantaran proses pemasakannya perlu waktu lama. Sedangkan sayuran yang berdaun-daunan mampu dimasukan paling akhir supaya tudak terlampaui lembek. Masak dengan api yang sedang & jangan sampai terlampaui lama, kurang lebih 5-10 menit.

4.Memasak tanpa air & minyak

Cara ini lebih tepat diterapkan pada sayuran berdaun hijau yang memasaknya tidak perlu waktu lama, kurang lebih 3-5 menit. Kandungan air pada sayuran bakal dengan sendirinya membantu proses pemasakan. Biasanya ditambahkan garam & merica secukupnya untuk memberi rasa pada sayuran.

5.Memanggang

Metode ini mampu diterapkan pada sayuran yang berkulit agak tebal atau bertekstur padat seperti terong, paprika , jagung , asparagus, jamur dan sebagainya. Untuk sayuran berukuran tebal tersebut , lebih baik dipotong-potong dahulu jadi bagian lebih kecil biar masaknya merata. Bisa dioleskan minyak zaitun biar sayuran tidak terlampaui kering saat dipanggang. Kalau mau dipanggang memiliki banyak kandungan air, dapat dibungkus dengan aluminium foil. Dan perhatikan nyala api biar tak terlampau gosong.

6.Batasi pemakaian garam

Perlu diingat untuk membatasi pemakaian garam dikarenakan dapat membantu untuk mengambil ke luar rasa & warna pada sayuran. Sebaliknya , anda dapat memakai rempah-rempah yang lain seperti bawang putih buat menambah rasa pada sayuran anda.

Terimakasih telah mengunjungi website tips sehat online, semoga informasi-informasi yang kami sajikan dapat bermanfaat.

Cara Memasak Sayuran Yang Benar Dan Sehat Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
cara memasak sayuran yang benar dan sehat,- Sayuran ialah sumber nutrisi bagi tubuh yang sebenarnya paling baik dimakan dalam kondisi segar tidak dengan dimasak. Ini lantaran kandungan vitamin & enzimnya yang berguna bagi tubuh...
Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *