Cara Memakai Dan Melepaskan Lensa Kontak Yang Benar

Diposkan oleh : pada tanggal 25 Jul. 2017 Kategori Tips Sehat

Sebagian dari kita lebih nyaman memakai lensa kontak daripada memakai kacamata. Namun tidak hanya orang memiliki mata min saja yang memakai lensa kontak, orang yang memiliki mata sehat pun ada yang memakai lensa kontak. Siapapun orangnya, baik orang yang memiliki mata min maupun mata sehat bila memang lebih nyaman memakai lensa kontak alangkah baiknya mengetahui cara memakai dan melepaskan lensa kontak yang benar.

Cara Memakai Dan Melepaskan Lensa Kontak Yang Benar

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk memakai lensa kontak diantaranya:

  • Hindari lensa kontak yang berwarna-warni. Karena penelitian menyebutkan bahwa lensa kontak berwarna mengurangi oksigen yang masuk dalam kornea.
  • Pilih lensa kontak yang bermerek. Gunakan lensa kontak yang bermerek yang telah terjamin mutunya.
  • Jika anda ingin memakai lensa kontak, dan anda suka memakai eye shadow. maka jangan menggunakan eye shadow bubuk atau bedak tabur supaya butir-butirnya tidak jatuh ke dalam mata. Karena bila butiran tersebut masuk ke dalam mata maka akan membuat mata menjadi iritasi.

Cara Memakai Lensa Kontak Yang Benar

Sebelum menyentuh lensa kontak cuci tangan terlebih dahulu dengan sabun, kemudian keringkan dengan handuk. Karena bila tidak cuci tangan terlebih dahulu maka jari tangan yang kotor akan membuat mata iritasi. Berikut ini adalah berbagai cara memakai lensa kontak yang benar:

  • Letakkan lensa kontak pada jari telunjuk ataupun jari yang paling nyaman digunakan. Letakkan lensa kontak pada kulit ujung jari. Kemudian jari telunjuk tangan anda yang satu lagi gunakan untuk menarik kulit diatas mata ke arah atas.
  • Dekatkan lensa kontak pada mata, usahakan untuk tidak berkedip atau bergerak-gerak dan letakkan lensa kontak ke dalam mata dengan lembut. Namun pastikan lensa konrak berada di tengah di atas iris anda (dibagian lingkaran berwarna pada mata).
  • Lepaskan kulit di sekitar mata. Lepaskan kulit di bagian bawah mata dahulu, kemudian lepaskan kulit bagian atas.
  • Berkedip dengan perlahan supaya lensa kontak anda tidak lepas.
  • Ulangi proses di atas untuk mengenakan lensa kontak mata anda.

Cara Melepaskan Lensa kontak

-Teteskan obat mata, namun hal ini tidak perlu dilakukan setiap kali anda melepaskan lensa kontak. Hanya saja hal ini dapat membantu anda melakukannnya dengan mudah saat melepaskan lensa kontak.

-Lihat ke atas dan letakkan jari tengah tangan dibawah mata lalu tarik kelopak mata bawah ke arah bawah.

-Sentuh lensa kontak dengan telunjut tangan yang sama

-Tekan lensa dengan jari telunjuk dan ibu jari anda secara perlahan dan angkat.

-Ulangi proses ini untuk melepaskan lensa kontak anda yang lain dengan menggunakan tangan yang sama.

Setelah mengetahui informasi tentang cara memakai dan melepaskan lensa kontak yang benar, diharapkan bagi anda yang suka memakai lensa kontak untuk memakai dan melepaskan lensa kontak yang benar dan tepat.

| Tips Sehat Online

Cara Memakai Dan Melepaskan Lensa Kontak Yang Benar Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Sebagian dari kita lebih nyaman memakai lensa kontak daripada memakai kacamata. Namun tidak hanya orang memiliki mata min saja yang memakai lensa kontak, orang yang memiliki mata sehat pun ada yang memakai lensa kontak....
Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *