Cara Melakukan Olahraga Lompat Tali Dengan Benar

Diposkan oleh : pada tanggal 15 Aug. 2017 Kategori Tips Sehat

Mungkin sebagian dari kita telah mengetahui manfaat olahraga lompat tali bagi kesehatan. Namun, sebagian dari kita tidak melakukan olahraga lompat tali bahkan tidak mengatahui bagaimana cara melakukan olaghraga lompat tali dengan benar.

Cara Melakukan Olahraga Lompat Tali Dengan Benar

Sama seperti olahraga lainnya, lompat tali juga harus dilakukan dengan benar sehingga manfaatnya bisa dirasakan. Sebelum anda melakukan olahraga lompat tali sebaiknya anda mengetahui dahulu hal yang harus diperhatikan ketika akan lompat tali.

Berikut ini adalah hal-hal yang yang harus diperhatika ketika akan lompat tali:

Melakukan pemanasan

Sama seperti olahraga lainnya, sebelum melakukan lompat tali juga harus melakukan pemanasan terlebih dahulu supaya otot-otot dalam tubuh tidak kram dan kaku. Pemanasan bisa dilakukan dengan melakukan gerakan ringan seperti lari kecil, senam ringan atau squat.

Panjang tali yang sesuai

Tali yang digunakan harus sesuai dengan tinggi badan sehingga bisa melompat dengan sempurna. Jangan menggunakan tali terlalu panjang maupun terlalu pendek.

Bahan pembuat tali

Bagi anda yang baru pertama kali melakukan olaghraga lompat tali, maka dianjurkan untuk menggunakan tali yang terbuat dari bahan lembut seperti fiber. Tali skipping yang keras yang terbuat daru plastik atau sintesis akan membuat cedera.

Melakukan istirahat

Bila berolahraga lama sebaiknya lakukan istirahat atau jeda sebelum menlanjutkan lagi. Karena olaghraga lompat tali juga sama seperti olahraga lainnya dapat mengurang energi yang banyak sehingga bila dilakukan terlalu banyak maka membuat tubuh jadi kelelahan dan banyak mengeluarkan keringan. Oleh karena itu, bila anda sudah merasa lelah sebaiknya hentukan atau istirahat sebelum kembali melakukan olahraga lompat tali.

Minum air putih

Hal lainnya yang harus diperhatikan sebelum melakukan olaghraga lompat tali yaitu minum air putih terlebih dahulu supaya tidak kekurangan cairan. Ketika melakukan olaghraga ini akan mengeluarkan banyak keringat, dan ketika beristirahat jangan lupa untuk minum air putih.

Cara Melakukan Olahraga Lompat Tali Dengan Benar

  • Berdiri tegak dengan posisi tegap seraya kedua tangan memegang ujung tali.
  • Tempatkan tali di belakang tubuh
  • Ayunkan tali ke depan dan melompatlah. Kemudian tali yang diayunkan dijadikan sebagai rintangan lompatan.
  • Lakukan dengan tanpa menginjak tali tersebut, lakukan sampai mencapai kurang lebih 20 lompatan atau jumlah lompatan tergantuang dengan kemampuannya masing-masing.
  • Lakukan olahraga lompat tali di permukaan yang baik untuk memperoleh pendaratan yang ideal. Anda dapat melakukan olahraga ini di lantai yang tidak licin atau lantai kayu, bukan tanah, beton, aspal, rumput atau karpet. Bila anda melakukan olaghraga ini dipermukaan lantai yang licin, maka akan menyebabkan cedera seperti aki terkilir.
  • Hentikan putaran tali dan lompatan bila telah merasa cukup lelah, dan istirahat sejenak sebelum melanjutkan lompatan tali.

Itulah hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan olahraga lompat tali dan cara melakukan olahraga lompat tali dengan benar. Semoga dapat bermanfaat, dan selamat mencoba.

Cara Melakukan Olahraga Lompat Tali Dengan Benar Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Mungkin sebagian dari kita telah mengetahui manfaat olahraga lompat tali bagi kesehatan. Namun, sebagian dari kita tidak melakukan olahraga lompat tali bahkan tidak mengatahui bagaimana cara melakukan olaghraga lompat tali dengan benar. Sama seperti...
Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *