Cara Ibu Hamil Mencegah Penularan Hepatitis B pada Janin

Diposkan oleh : pada tanggal 20 Apr. 2016 Kategori Anak dan Kehamilan

cara mencegah penularan hepatitis b (FILEminimizer)

Tips Sehat | Ibu hamil bisa menjadi salah satu kalangan yang berisiko terjangkit virus hepatitis B. Sifat hepatitis B yang menular ini membuat para bumil sering merasa takut jika janin dalam kandungan ikut tertular, mengingat bahwa salah satu faktor penularan virus hepatitis B adalah kehamilan.

Dalam mencegah penularan hepatitis B pada janin, serta menghindari infeksi lain yang kemungkinan bisa terjadi, sebaiknya ibu hamil melakukan pemeriksaan secara rutin atau berkala. Dengan melakukan hal tersebut, ibu akan tetap bisa melakukan proses persalinan yang dengan baik, aman, tanpa merasa khawatir jika janin dalam kandungan turut menjadi  penderita hepatitis B.

Di samping pemeriksaan, ibu hamil juga bisa melakukan cara lain seperti konsumsi obat hepatitis secara teratur, terapi, serta memperbaiki pola makan. Perbanyak konsumsi makanan yang bergizi dan bisa membantu memperbaiki fungsi hati. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya komplikasi pada kehamilan.

Ketika waktu persalinan telah datang, dokter akan memberikan vaksin dan imnuglobulin Hepatitis B agar masalah pada ibu hamil yang disebutkan tadi tidak langsung menular begitu saja pada sang bayi yang baru dilahirkan.  Bahkan penelitian mengungkapkan, sekitar 95% bayi yang mendapatkan solusi tersebut, dapat terhindar dari penularan virus hepatitis B dari sang ibu.

Untuk langkah pencegahan yang paling efektif agar penularan hepatitis B pada bayi tidak terjadi, pemeriksaan harus dilakukan sejak dini. Karena banyak ibu hamil yang tidak menyadari bahwa ia terinfeksi hepatitis B selama ini, sampai kemudian hepatitis B tersebut menular pada bayi yang dilahirkan. Untuk itu, kini ibu hamil sangat direkomendasikan melakukan pemeriksaan darah di awal kehamilan yang tak lain dalam rangka mencegah penularan heaptitis B pada bayi yang dilahirkan kelak.

Cara Ibu Hamil Mencegah Penularan Hepatitis B pada Janin Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tips Sehat | Ibu hamil bisa menjadi salah satu kalangan yang berisiko terjangkit virus hepatitis B. Sifat hepatitis B yang menular ini membuat para bumil sering merasa takut jika janin dalam kandungan ikut tertular,...
Anak dan Kehamilan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *