Cara Aman Untuk Melihat Gerhana Matahari Total

Diposkan oleh : pada tanggal 7 Mar. 2016 Kategori Jokes Masalah Kesehatan

Tips Sehat Online – Akhir-akhir ini ramai pemberitaan tentang akan adanya fenomena alam, gerhana matahari total yang hanya akan terjadi 350 tahun lagi. Gerhana matahari total tersebut akan berlangsung pada 9 Maret 2016.

Hal ini sangat menarik perhatian masyarakat Indonesia. Begitu juga dengan turis dari mancanegara. Terbukti dengan sengaja disiapkannya kapal pesiar dari Singapura ke Belitung, agar bisa menyaksikan gerhana matahari tersebut.

Paket wisata ke Belitung pun juga menjadi yang paling diminati, saat pameran pariwisata Indonesia Travel Fair Februari kemarin.

Lantas bagaimana jika di lihat dari segi kesehatannya? Amankah melihat gerhana matahari tersebut?

Cara Aman Untuk Melihat Gerhana Matahari Total

cara aman melihat gerhana matahari total

Menurut Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional LAPAN, Thomas Djamaluddin, melihat gerhana matahari total dapat menimbulkan kebutaan merupakan mitos modern.Yang benar adalah cahaya Matahari sehari-hari dan ketika gerhana sama-sama berbahaya, untuk itu jangan melihat Matahari secara langsung karena dapat membahayakan mata, yaitu retina bisa rusak. Dan jika Anda menatap sinar matahari dengan jangka waktu yang lama akan menimbulkan kerusakan pada retina yang disebut dengan solar retinopathy. Gejalanya adalah titik-titik hitam pada pandangan mata Anda, dan itu sulit untuk dipulihkan.

Baca Juga: Kebiasaan yang Dapat Merusak Kesehatan Mata

Penyebabnya bisa jadi ketika fase total saat gerhana Matahari total terjadi, pupil mata membesar untuk menangkap cahaya sebanyak mungkin karena suasana yang gelap. Tetapi ketika fase total berakhir dan bulan mulai bergeser, cahaya matahari akan terang kembali dan saat itu yang membahayakan mata.

Jadi, jika anda ingin melihat gerhana matahari total, sebaiknya lakukan 3 cara aman untuk melihat gerhana matahari total seperti dibawah ini.

  • Berkaca pada genangan air

Kebanyakan, orang menggunakan kaca mata khusus untuk melindungi mata. Tapi, tahukah kamu ada cara yang lebih murah dan klasik selain kaca mata? Yaitu melalui genangan air di dalam baskom yang diletakkan di bawah bayangan matahari.

  • Lihat lewat lubang sekecil jarum

Kalau kamu suka fotografi dan mungkin pernah belajar bagaimana cara menangkap gambar lewat sebuah kaleng yang dilubangi, ternyata metode yang mirip seperti ini juga bisa digunakan untuk melindungi matamu saat melihat gerhana matahari total. Dilansir dari situs National Aeronautics and Space Administration (NASA), celah dari lubang jarum ini bisa membentuk sebuah gambar gerhana matahari pada sebuah layar yang diletakkan sekitar 1 meter dari lubang kecil tersebut.

  • Gunakan pelindung khusus

Kamu bisa menggunakan pelindung mata khusus yang bisa melindungi mata. Situs NASA tersebut juga mengatakan, ada sebuah filter yang memiliki lapisan tipis kromium atau aluminium pada permukaannya. Kedua bahan ini sanggup melemahkan radiasi akibat sinar matahari yang memancar begitu kuat dan membahayakan mata. Tapi dengan syarat, filter tersebut harus bisa mengirimkan cahaya kurang dari 0,003% cahaya yang tampak dan tidak lebih dari 0,5% radiasi infra merah jarak dekat. Meskipun repot, mungkin kamu ingin membuat atau mencari filter ini demi melihat gerhana matahari total 2016 secara langsung. Tapi, pastikan kamu harus memeriksanya dan menghubungi para ahli.

Itulah beberapa cara aman untuk meliat gerhana matahari total. Semoga bermanfaat dan selamat melihat gerhana matahari total.

| Cara Aman Untuk Melihat Gerhana Matahari Total

 

Writed By: Ayu A

Cara Aman Untuk Melihat Gerhana Matahari Total Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tips Sehat Online – Akhir-akhir ini ramai pemberitaan tentang akan adanya fenomena alam, gerhana matahari total yang hanya akan terjadi 350 tahun lagi. Gerhana matahari total tersebut akan berlangsung pada 9 Maret 2016. Hal...
Jokes Masalah Kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *