Cara Alami Mengatasi Radang Tenggorokan

Diposkan oleh : pada tanggal 14 Mar. 2017 Kategori Tips Sehat

Untuk mengatasi radang tenggorokan bisa dengan cara alami yaitu dengan mengkonsumsi ramuan alami. Namun sebelum membahas cara mengatasi radang tenggorokan, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu sedikit informasi tentang radang tenggorokan.

cara alami mengatasi radang tenggorokan

Radang tenggorokan adalah salah masalah kesehatan yang rentan dialami oleh anak maupun orang dewasa. Bahkan radang ternggorokan ini bukanlah kondisi kesehatan yang serius dan bisa sembuh dengan sendirinya. Meskipun bukan termasuk masalah kesehatan yang serius, tapi radang tenggorokan dapat mengganggu aktivitas penderita. Bahkan membuat penderita tidak nyaman, karena pada saat mengidap penyakit ini seringkali penderita radang tenggorokan mengalami sakit di sekitar tenggorokan, dan sulit menelan makanan maupun minuman.

Cara Alami Mengatasi Radang Tenggorokan

Tips mengatasi radang tenggorokan secara alami diantaranya dengan minum teh hangat, mengkonsumsi sup ayam hangat, banyak minum air putih dan berkumur dengan air garam. Beberapa studi membuktikan bahwa berkumur-kumur air garam hangat bisa mmebantu meredakan rada tenggorokan, membuang dahak, bakteri dan iritan.

Cara alami lainnya untuk mengatasi radang tenggorokan adalah dengan mengkonsumsi ramuan alami diantaranya:

Jeruk lemon

Salah satu obat alami untuk mengatasi radang tenggorokan adalah dengan jeruk lemon. Cara mengolahnya sangat mudah yaitu peras 1 buah jeruk lemon, masukan air perasannya ke dalam segelas air matang.

Cengkeh

Cara alami mengobati radang tenggorokan bisa dengan memanfaatkan cengkeh. Cara mengolahnya sangat mudah yaitu sediakan 1-3 sendok teh cengkeh bubuk, masukan ke dalam segelas air matang. Aduk hingga merata, kemudian gunakan sebagai obat kumur.

Madu

Madu memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan termasuk dapat meredakan radang tenggorokan. Hal ini dikarenakan madu mengandung sifat antibakteri, antivirus dna antijamur yang tentunya bisa membantu tubuh dalam melawan infeksi kuman yang ada di tenggorokan. Sehingga madu sangat cocok dikonsumsi oleh penderita radang tenggorokan.

Caranya sediakan terlebih dahulu madu dan segelas air hangat. Kemudian masukan satu sendok madu ke dalam segelas air hangat yang telah disediakan. Minum 2-3 kali sehari sampai radang tenggorokan sembuh.

Jahe

Cara alami lainnya untuk mengobati radang tenggorokan adalah dengan menggunakan jahe. Cara mengolahnya sangat mudah yaitu bersihkan jahe terlebih dahulu, tumbuk, seduh dengan menggunakan air panas. Anda bisa menambahkan satu sendok madu. Minum ramuan ini selagi hangat. Dan ramuan alami juga bisa dijadikan sebagai obat radang tenggorokan untuk anak dan dewasa.

Jeruk nipis

Jeruk nipis juga bisa dijadikan sebagai obat radang tenggorokan tradisional. Cara mengolah pun cukup mudah yaitu dengan cara diperas dan menambahkan garam setengah sendok.

Bawang putih

Cara alami lainnya untuk mengatasi radang tenggorokan adalah dengan menggunakan bawang putih. Cara mengolahnya sangat mudah yaitu rebus beberapa siung bawang putih sampai menjadi bubur, tambahkan madu dan perasan air jeruk.

Cara yang kedua kunyah satu siung bawang putih hingga halus, ambil air putih yang matang dan gunakan untuk berkumur-kumur. Minum madu untuk menghilangkan rasa tidak enak dari bawang putih.

Setelah mengetahui cara alami mengatasi radang tenggorokan, cara-cara diatas bisa anda lakukan di rumah. Dan semoga bisa membantu anda.

Cara Alami Mengatasi Radang Tenggorokan Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Untuk mengatasi radang tenggorokan bisa dengan cara alami yaitu dengan mengkonsumsi ramuan alami. Namun sebelum membahas cara mengatasi radang tenggorokan, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu sedikit informasi tentang radang tenggorokan. Radang tenggorokan adalah salah...
Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *