Cara Agar Anak Mau Mengkonsumsi Buah Lebih Banyak

Diposkan oleh : pada tanggal 11 May. 2017 Kategori Anak dan Kehamilan Makanan Sehat

Pada dasarnya setiap anak senang dengan buah-buahan. Tidak hanya karena rasanya yang manis, buah-buahan beraneka warna dan tekstur yang beragam, sehingga anak-anak sangat menyukaiknya.

Akan tetapi terkadang, akibat dari orangtua mereka sendiri yang lupa untuk menyediakan buah, anak-anak menjadi kurang terbiasa mengkonsumsi bbuah-buahan. Sementara untuk jenis sayuran, anak-anak termasuk sulit untuk membiasakannya.

Dalam masa pertumbuhan dan perkembangan anak, hal yang tidak boleh terlewatkan adalah asupan nutrisi dan gizi yang berasal dari makanan. Buah dan sayur memiliki peranan penting untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi terebut. Buah tertutama, memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang sama baiknya dengan sayuran. Itulah mengapa anak-anak lebih dianjurkan untuk mengkonsumsi buah-buahan lebih banyak setiap harinya, terlebih jika anak tersebut kurang minat dengan sayuran.

Cara Agar Anak Mau Mengkonsumsi Buah Lebih Banyak

Agar anak mau mengkonsumsi buah-buahan lebih banyak, ada beberapa trik yang bisa dilakukan oleh orangtua. Diantaranya :

1. Menempatkan buah di tempat yang bisa dilihat anak.

Banyak dari orangtua membeli buah segar, lalu menyimpannya. Kemudian biasanya mereka akan menempatkan buah-buahan tersebut di dalam lemari es atau lemari penyimpan yang membuatnya menjadi tidak terlihat dan akhirnya tidak terpikirkan.

Untuk itu lebih baik jika ingin anak-anak memakan buah setiap hari, simpanlah buah ditempat-tempat yang terlihat, dan lebih baik lagi jika buah tersebut telah siap untuk dikonsumsi kapan saja.

2. Variasikan asupan makanan.

Buah-buahan merupakan sumber makanan yang kaya akan kandungan Vitamin, Mineral, Antioksidan dan Serat, yang dapat sangat bermanfaat untuk mengurangi resiko kanker, penyakit Jantung, Obesitas pada anak dan Diabetes tipe 2.

Untungnya, kebanyakan anak-anak memang menyukai buah, paling tidak awalnya. Gigi susu anak-anak membuat buah lebih menarik untuk dikonsumsi daripada sayuran. Sangatlah menyenangkan jika melihat anak-anak yang sangat pemilih dalam makanan mereka mempunyai pilihan lain yang seimbang selain sayuran. Dengan kata lain, buah-buahan tidak hanya mengandung Vitamin C saja, mereka juga mengandung nutrisi yang sama seperti sayuran.

Seperti contoh, setengah buah mangga memiliki kandungan Vitamin A dua kali lebih banyak dibandingkan dengan sayur brokoli. Secangkir buah beri memiliki kandungan serat 2 kali lebih banyak dibandingkan dengan kacang polong.

Kembali lagi bahwa yang terpenting adalah variasi. Cara terbaik untuk mendapatkan asupan penuh nutrisi adalah dengan mengkonsumsi “pelangi” buah.

3. Buah beku, buah kalengan, dan buah kering memilki manfaat yang sama.

Buah dalam kemasan kaleng, buah beku atau buah yang sudah dikeringkan, memiliki manfaat yang sama dengan buah segar. Kandungan buah-buahan kemasan ini masih sama, sangat kontras dengan kepercayaan orang-orang selama ini yang mengatakan sebaliknya.

Beragam macam buah beri yang kaya akan serat seperti Stroberi, Blueberi, Raspberi, dan beri hitam sudah tersedia dalam kemasan beku. Buah-buahan ini cocok untuk dibuat smoothies, atau dijadikan sebagai topping tambahan pada yogurt, es krim, bahkan sereal pagi anak-anak Anda. Buah yang telah dikeringkan seperti kismis, kurma, apricot, persik dan plum kering memiliki dosis besar akan serat dan energi (kalori). Pengeringan ini akan mengurangi kandungan air pada buah namun justru meningkatkan proporsi Vitamin dan nutrisinya.

4. Kurangi jus.

Sepereti halnya dengan jus buah kemasan, anak-anak pada masa sekarang “kelebihan jus” dan para orang tua terlalu bebas memberikannya. Sementara jus buah murni memberikan nutrisi berharga, namun akan lebih baik jika anak-anak mengkonsumsi buah itu sendiri daripada meminumnya.

Semoga bermanfaat, salam.

Cara Agar Anak Mau Mengkonsumsi Buah Lebih Banyak |

Posted by Hani H.

Cara Agar Anak Mau Mengkonsumsi Buah Lebih Banyak Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Pada dasarnya setiap anak senang dengan buah-buahan. Tidak hanya karena rasanya yang manis, buah-buahan beraneka warna dan tekstur yang beragam, sehingga anak-anak sangat menyukaiknya. Akan tetapi terkadang, akibat dari orangtua mereka sendiri yang lupa...
Anak dan Kehamilan Makanan Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *