Buah Sirsak Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Diposkan oleh : pada tanggal 18 Apr. 2017 Kategori manfaat

Manfaat buah sirsak bagi kesehatan sudah diketahui oleh masyarakat indonesia. Bahkan nama buah sirsak berbeda-beda di berbagai daerah di indonesia. Di jawa buah sirsak dikenal dengan nama nangka walanda, di sunda dikenal dengan nama sirsak, di madura dikenal dengan nama nangka buris, di bali dikenal dengan nama srikaya jawa, di aceh di kenal dengan nama boh lona, nias di panggil dengan nama durio ulondro, di minangkabau dikenal dengan nama durian betawi, sedangkan di lampung dikenal dengan nama jambu landa.

Buah Sirsak Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Buah sirsak mempunyai nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Dan nutrisi yang terkandung dalam buah ini diantaranya serat, vitamin, mineral dan kalsium. Selain itu juga buah sirsak memiliki senyawa fitokimia. Bahkan buah ini juga memiliki kadar air yang tinggi yang bisa membantu mencegah dehidrasi.

Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan

Memperlancar pencernaan

Buah sirsak mengandung serat yang banyak yang bermanfaat dapat membantu memperlancar pencernaan dan buang air besar. Oleh karena itu cukupi asupan serat dari buah-buahan ataupun sayur-sayuran, supaya tidak mudah terkena gangguan pencernaan atau penyakit lainnya yang dapat menyerang pencernaan.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Asupan vitamin pada wanita dan pria berbeda-beda. Pada wanita harus memenuhi asupan 75 mg vitamin C per hari, dan untuk pria harus memenuhi 90 mg vitamin C per hari. Seperti yang telah anda ketahui bahwa vitamin C berperan penting dalam sistem kekebalan dan membantu tubuh melawan penyakit. Vitamin C juga dianggap sebagai antioksidan yang mampu melawan kerusakan akibat radikal bebas.

Kesehatan tulang

Buah sirsak memiliki kandungan yang baik untuk menjaga kesehatan tulang. Kandungan tersebut adalah kalsium dan fosfor. Selain itu buah sirsak juga mengandung zat tembaga yang berfungsi untuk membantu penyerapan kalsium pada tulang. Bila kalsium terserap baik oleh tulang, maka tulang dapat menjadi tulang lebih kuat.

Mencegah kanker

Buah sirsak mengandung senyawa fitokimia bermanfaat untuk menangkal berbagai virus yang dapat menyebabkan penyakit termasuk kanker. Konsumsilah buah sirsak secara teratur, baik dikonsumsi secara langsung dan diolah menjadi jus.

Kolesterol

Buah sirsak mengandung serat yang baik bagi tubuh. Serat yang terkandung didalamnya berperan baik dalam penyerapan kolesterol jahat di dalam tubuh. Sehingga mempermudah kolesterol jahat keluar dari tubuh dan hanya kolesterol baiklah yang ada di dalam tubuh.

Darah tinggi

Buah sirsak merupakan salah satu buah penurun darah tinggi. Sebab buah sirsak memiliki zat yang mampu menangkal terjadinya darah tinggi atau hipertensi. Sehingga buah sirsak bisa dijadikan sebagai obat darah tinggi alami.

Sebagai sumber energi

Buah sirsak mempunyai kandungan fruktosa yang bermanfaat sebagai sumber energi. Bagi anda yang ingin menambah energi, anda dapat mengkonsumsi buah sirsak secara langsung maupun diolah dijadikan jus.

Setelah anda mengetahui kandungan gizi dan manfaat buah sirsak bagi kesehatan. Maka sebaiknya konsumsi buah sirsak secara teratur.

Buah Sirsak Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Manfaat buah sirsak bagi kesehatan sudah diketahui oleh masyarakat indonesia. Bahkan nama buah sirsak berbeda-beda di berbagai daerah di indonesia. Di jawa buah sirsak dikenal dengan nama nangka walanda, di sunda dikenal dengan nama...
manfaat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *