Berita Hoax Tentang Kesehatan Yang Terlanjur Dipercayai Masyarakat

Diposkan oleh : pada tanggal 14 Dec. 2017 Kategori Masalah Kesehatan

Berkembangnya teknologi digital di dunia, selain ada baiknya juga ada buruknya. Segala informasi yang dulunya bisa didapat melalui media seperti televisi, koran hingga dari sumbernya langsung, sekarang tidak perlu lagi. Segala informasi mulai dari berita lokal, berita dunia, berita selebriti juga berita kesehatan sangat terbuka untuk umum. Namun sayangnya, segelintir orang memanfaatkan informasi yang harusnya bermanfaat menjadi informasi kebohongan, dan mudah sekali dipercayai masyarakat.

Berita Hoax Tentang Kesehatan Yang Terlanjur Dipercayai Masyarakat

Hal ini memang bukan salah dari kemajuan internet sendiri, hanya orang-orang yang tidak bertanggung jawablah yang memanfaatkan setiap kesempatan yang ada. Contoh penting adalah tentang berita kesehatan. Derasnya arus informasi di internet yang mudah kita dapatkan ternyata diantaranya ada beberapa informasi yang tidka benar atau disebut Hoax. Lebih mirisnya lagi, banyak sekali informasi Hoax ini yang menjadi viral (trending) dan akhirnya dipercaya sebagai kebenaran.

Beberapa informasi tentang kesehatan yang terlanjur dipercaya sebagai kebenaran, diantaranya :

  • Minum air dingin setelah makan memicu Kanker.

Saat kita terbiasa minum air dingin setelah makan, maka kandungan minyak dalam makanan yang kita makan sebelumnya disebut-sebut akan menjadi lebih padat dan akhirnya melapisi usus dan memicu Kanker. Namun, anggapan ini sama sekali tidak benar. Semua makanan dan minuman akan diproses agar memiliki suhu yang sama dengan tubuh kita.

  • Lele memiliki sekitar 3000 sel Kanker.

Lele memang jenis ikan yang hidup cenderung di lingkungan berlumpur dan urang bersih. Akibatnya Lele menjadi hewan yang dianggap memiliki lebih dari 3000 sel kanker. Nyatanya, kebanyakan Lele yang dipasarkan adalah Lele budidaya di kolam yang bersih. Makan Lele justru bisa memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh kita.

Berita Hoax Tentang Kesehatan Yang Terlanjur Dipercayai Masyarakat

  • Sayap ayam dan ceker ayam memicu Kanker.

Lagi-lagi soal kanker. Bagian sayap ayam yang katanya sering disuntik saat berada di peternakan akhirnya menyebabkan bagian sayap memiliki kandungan kimia berbahaya yang dapat memicu Kanker. Sementara itu, ceker ayam dianggap sebagai bagian tubuh ayam yang paling jorok. Para pakar kesehatan menyebut jika anggapan ini sama sekali tidak benar.

  • Makan mie instan dan cokelat bersamaan menyebabkan keracunan.

Dalam mie instan disebut-sebut memiliki kandungan Arsenic pentoxide yang dapat berubah menjadi Arsenic trioxide jika tercampur dengan bahan kimia dari Cokelat. Padahal, BPOM sudah menjamin jika di dalam mie instan tidak memiliki racun Arsenic.

  • Makan udang dengan Vitamin C memicu kematian.

Saat Anda mengkonsumsi udang atau makanan laut lainnya bersamaan dengan Vitamin C layaknya pada minuman jeruk, maka resiko untuk terkena kematian mendadak meningkat. Hal tersebut adalah berita kebohongan lainnya yang dipercaya masyarakat. Yang benar adalah, asalkan udang atau makanan laut lainnya tidak terkontaminasi logam berat atau racun tertentu, kita tidak akan mengalami keracunan meski setelahnya minum Vitamin C.

  • Lintah pada kangkung bisa masuk ke perut.

Banyak informasi yang beredar menyebut jika lintah bisa bertahan hidup pada batang kangkung yang kita masak dan akhirnya masuk ke dalam perut kita. Namun sebenarnya, jika lintah terkena asam lambung, ia akan langsung mati karena tidak tahan dengan lingkungan di dalam perut kita.

Sebenarnya masih banyak berita kesehatan lainnya yang termasuk hoax dan kebohongan belaka. Jadi sebaiknya Anda jangan mudah terpengaruh terlebih dahulu. Dahsyatnya satu klik yang Anda lakukan menyebarkan berita palsu akan merugikan diri sendiri dan orang banyak. Berhati-hati lagi untuk memilih informasi yang tepat, bijak dan patut untuk dibagikan ulang. Semoga bemrnafaat, salam!

Posted by Hani.

Berita Hoax Tentang Kesehatan Yang Terlanjur Dipercayai Masyarakat Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Berkembangnya teknologi digital di dunia, selain ada baiknya juga ada buruknya. Segala informasi yang dulunya bisa didapat melalui media seperti televisi, koran hingga dari sumbernya langsung, sekarang tidak perlu lagi. Segala informasi mulai dari...
Masalah Kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *