Berikut Ini Manfaat Berkeringat Bagi Kesehatan

Diposkan oleh : pada tanggal 28 Feb. 2017 Kategori Tips Sehat

Secara sekilas berkeringat memang tak begitu menyenangkan karena identik dengan suhu ruangan yang panas atau tubuh yang menjadi kotor. Padahal keringat yang timbul ternyata memberi banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Dan berikut ini berikut ini manfaat berkeringat bagi kesehatan.

Berikut Ini Manfaat Berkeringat Bagi Kesehatan

Berikut Ini Manfaat Berkeringat Bagi Kesehatan

Menurunkan berat badan
Berkeringat adalah salah satu cara yang baik untuk membakar kalori. Lemak yang berada di bawah kulit akan terbakar dan keluar bersamaan dengan keringat. Kalo kamu jarang berolahraga, kamu bisa aja melakukan sauna selama 30 menit untuk mendapatkan manfaat ini.

Detoxifikasi tubuh
Racun-racun yang kita dapat dari makanan yang kita konsumsi akan dikeluarkan melalui keringat. Nah, dengan keringat inilah kemudian organ-organ vital seperti ginjal, hati, dan usus akan bersih dari racun-racun tersebut.

Meredakan stress
Banyak yang beranggapan kalo berolahraga itu membantu mengatasi stress. Hal tersebut nggak sepenuhnya salah. Pasalnya, kunci pereda stress justru datang dari keluarnya keringat ketika melakukan latihan fisik.

Mendinginkan tubuh ketika suhu sekitar meningkat
Berkeringat merupakan cara yang paling bagus untuk mendinginkan suhu tubuh. Ketika suhu sekitar meningkat, secara otomatis tubuh akan menyesuaikan suhunya dengan lingkungan sekitar. Keringat akan membantu tubuh untuk mencapai suhu optimal ketika beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Menyeimbangkan cairan tubuh
Natrium dan kalium merupakan zat mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Namun sayangnya, kelebihan zat tersebut malah menimbulkan penyakit. Untungnya, keringat mampu membantu mengeluarkan zat-zat yang nggak berguna sehingga cairan dalam tubuh bisa seimbang.

Membersihkan pori-pori kulit
Jerawat atau bahkan infeksi kulit disebabkan pori-pori kulit tersumbat. Keringat inilah yang akan membuka pori-pori dan membersihkannya dari kotoran yang menyumbat lubang pori-pori sehingga kulit menjadi lebih sehat dan bersinar.

Membantu proses hidrasi
Sama seperti buang air kecil, berkeringat juga merupakan salah satu cara untuk tubuh menjadi merasa haus kembali. Ingat, tubuh memerlukan setidaknya 8 gelas air sehari sebagai sarana sirkulasi dan kebutuhan air dalam tubuh. Dengan berkeringat, kamu bisa haus dan proses hidrasi tubuh jadi lebih baik.

Melancarkan sirkulasi darah
Ketika berkeringat, biasanya kulit menjadi memerah. Hal ini disebabkan karena keringat menarik darah ke kulit sehingga membantu memperlancar sirkulasi darah pada tubuh.

Meningkatkan sistem imun
Seperti yang dikatakan sebelumnya, berkeringat mampu membuang racun dalam tubuh. Akibatnya, tubuh akan terhindar dari berbagai macam penyakit karena tubuh selalu bersih dari racun.

Mempercepat metabolisme tubuh
Berkeringat juga membantu tubuh menggunakan kalori lebih banyak dan mempercepat metabolisme tubuh sehingga badan menjadi lebih sehat. Dengan begitu, nafsu makan juga akan terjaga selagi badan tetap bisa langsing karena kalori yang terbakar.

Nah itu tadi 10 manfaat berkeringat bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda.

| Berikut Ini Manfaat Berkeringat Bagi Kesehatan

Berikut Ini Manfaat Berkeringat Bagi Kesehatan Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Secara sekilas berkeringat memang tak begitu menyenangkan karena identik dengan suhu ruangan yang panas atau tubuh yang menjadi kotor. Padahal keringat yang timbul ternyata memberi banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Dan berikut ini berikut...
Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *