Berikut Ini Gangguan Pernapasan yang Tak Boleh Diabaikan

Diposkan oleh : pada tanggal 18 Nov. 2016 Kategori Masalah Kesehatan

Sama halnya dengan organ tubuh yang lainnya, organ sistem pernapasan juga bisa mengalami gangguan. Anda jangan pernah mengabaikan ketika mengalami kesulitan saat bernapas. Karena terkadang ini bisa jadi pertanda dari masalah kesehatan yang lebih serius. Dan perlu diketahui, berikut ini merupakan 6 jenis gangguan pernapasan yang tak boleh diabaikan :

berikut-ini-gangguan-pernapasan-yang-tak-boleh-diabaikan

  • Napas dangkal dan cepat

Jika Anda sedang mengalami stress atau merasa sangat cemas, maka napas bisa menjadi sangat cepat dan dangkal dibandingkan dengan ketika Anda tidak memiliki masalah. Namun, jika hal ini berlangsung sangat lama, dapat menyebabkan hiperventilasi yang membuat Anda merasa tidak dapat udara seperti seharusnya. Jika stress atau kecemasan sering mempengaruhi pernapasan, maka Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter.

  • Batuk

Batuk berdahak dan terasa gatal  bisa berarti bahwa Anda terkena pilek atau flu. Namun, jika Anda juga merasakan sesak napas, ini bisa jadi tanda dari suatu kondisi lain seperti penyakit paru-paru obstruktif (PPOK). Penderita PPOK biasanya saluran pernapasannya meradang, tersumbat dengan lendir, atau tidak berfungsi seperti seharusnya.

Merokok merupakan penyebab terbesar yang menyebabkan kondisi ini, namunmenjadi perokok pasif, menghirup polusi udara, atau menghirup bahan kimia beracun juga dapat menjadi pangkal masalahnya. Batuk di pagi hari bisa menjadi tanda awal PPOK. Dalam beberapa kasus yang parah, Anda juga bisa mengalami penurunan berat badan atau bengkak di pergelangan kaki.

  • Sesak napas tiba-tiba

Mungkin ketika Anda lebih aktif biasanya, sesak napas merupakan hal yang normal dialami. Namun, jika sesak napas terjadi secara tiba-tiba dan tanpa alasan yang jelas, jangan terus diabaikan. Ini bisa menjadi tanda bahwa ada masalah dengan saluran pernapasan atau jantung. Jika ini terjadi, maka segera minta bantuan medis agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

  • Mudak sesak napas ketika sedang aktif

Hal ini bisa menjadi tanda dari anemia, masalah yang terjadi ketika Anda tidak mendapat asupan zat besi yang cukup. padahal, Anda membutuhkannya untuk membantu tubuh dalam membawa oksigen ke seluruh tubuh. Namun, jika tubuh kekurangan zat besi, maka hal ini dapat membuat sesak napas atau nyeri dada saat berolahraga. Anda juga bisa merasa lemah atau mendengar dentaman di telinga.

Kekurangan zat besi umumnya terjadi pada perempuan atau vegetarian. Agar asupan zat besi tetap baik dalam tubuh, Anda bisa mengonsumsi lebih banyak zat besi yang bisa didapatkan dari daging tanpa lemak, kacang, atau sayuran berdaun hijau, minum suplemen zat besi, atau memeriksakan diri ke dokter.

  • Nyeri dada

Jika dada terasa nyeri ketika bernapas, hal ini tidak selalu berarti bahwa ada otot yang tertarik secara tidak sengaja. Namun, terkadang ini bisa menjadi tanda infeksi seperti pneumonia atau juga bisa masalah jantung. Selain itu, nyeri dada setelah berolahraga atau akibat mengalami suatu peristiwa yang mebuat stress, bisa jadi karena masuk angin, sehingga otot jantung tidak mendapat cukup darah. Jika Anda mengalaminya, konsultasikan gejala tersebut kepada dokter, sehingga bisa dilakukan tes untuk melihat apakah ada kondisi lain yang menyertai.

Jika Anda mengalami nyeri dada yang berlangsung lebih dari 15 menit atau menyebar ke bagian tubuh yang lain, merasa mual, berkeringat, atau batuk berdarah, maka segera cari bantuan medis.

  • Mengi

Suara yang seperti siulan bernada tinggi ketika bernapas ini artinya saluran napas Anda menyempit. Halini bisa terjadi karena asma, namun juga bisa terjadi karena infeksi atau reaksi alergi. Mengi juga bisa menjadi sinyal bahwa Anda menghirup sesuatus ecara tidak sengaja dan menreka terjebak dalam saluran napas.

By. Sri

Berikut Ini Gangguan Pernapasan yang Tak Boleh Diabaikan Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Sama halnya dengan organ tubuh yang lainnya, organ sistem pernapasan juga bisa mengalami gangguan. Anda jangan pernah mengabaikan ketika mengalami kesulitan saat bernapas. Karena terkadang ini bisa jadi pertanda dari masalah kesehatan yang lebih...
Masalah Kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *