Berbagai Menu Makanan Fermentasi yang Menyehatkan Tubuh

Diposkan oleh : pada tanggal 30 Jan. 2016 Kategori Makanan Sehat

Zaman sekarang telah banyak orang yang mengaplikasikan makanan dan salah satunya yaitu dengan cara difermentasikan. Fermentasi merupakan praktek pengawetan makanan dengan menggunakan mikroba. Makanan yang difermentasikan juga banyak digunakan untuk pengobatan. Kaitan antara makanan fermentasi dengan kesehatan telah ditelusuri sejak zaman dulu dan kini masih menjadi bidang penelitian populer bagi para peneliti zaman modern.

Baca Juga: Manfaat dan Fungsi Bulu pada Organ Tubuh Manusia

Para ilmuwan tahu bakteri sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia. Bakteri baik membantu pencernaan, memungkinkan kita untuk mensintesis vitamin dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pentingnya bakteri ini baru menjadi lebih jelas dalam beberapa tahun belakangan.  

Jika bakteri jahat menjadi lebih dominan dalam tubuh, maka penyakit dan kondisi kronis seperti IBS (sindrom iritasi usus), asma, dan mungkin juga obesitas akan lebih mungkin terjadi. Jadi menambah bakteri yang baik dalam perut adalah penting.   

Maka dari itu mari kita kenali beberapa menu makanan fermentasi yang menyehatkan tubuh.

Menu Makanan Fermentasi yang Menyehatkan Tubuh

Menu Makanan Fermentasi yang Menyehatkan Tubuh

  • Keju

Keju dibentuk ketika susu diberi bakteri dan enzim yang mengakibatkan susu menggumpal dan berbuih. Setelah susu menggumpal, gumpalan lemak dan protein tersebut dipotong, dibentuk dan difermentasi menjadi keju.

  • Sauerkraut

Sauerkraut atau acar kubis khas Jerman dibuat dengan cara melakukan proses fermentasi dengan garam dan waktu yang lama hingga berubah asam secara alami.

  • Miso

Miso merupakan pasta fermentasi kedelai khas Jepang yang mampu mencegah kanker. Masyarakat Negeri Sakura biasa membuat miso dengan proses fermentasi yang melibatkan kedelai, barley, gandum dan beras.

  • Acar

Apapun jenis acarnya, jika dikonsumsi akan memberikan manfaat bagi tubuh, terutama dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan.

  • Tempe

Tempe terbuat dari kacang kedelai yang direndam didalam cuka dan difermentasi dalam waktu tertentu. Kacang kedelai lantas direkatkan dengan miselium yakni jenis jamur yang lengket dan aman dikonsumsi.

  • Kimchi

Kimchi dinobatkan sebagai makanan tersehat didunia. Kimchi merupakan sebutan makanan yaitu acar dalam bahasa korea. Varian kimchi yang paling terkenal didunia adalah baechu kimchi yang terbuat dari sawi putih.

  • Kefir

Hampir sama denga yoghurt yaitu produk susu hewani yang diolah dengan proses inokulasi dengan biji kefir. Susu yang digunakan pun tak hanya susu sapo, namun juga susu kambing dan domba. Kefir sangat baik bagi lambung karena membantu mencegah gangguan pencernaan dan masalah lambung lainnya.

Sehingga, bila anda mengalami gangguan atau masalah kesehatan pada lambung, selain minum obat asam lambung, anda juga bisa dengan mengkonsumsi beberapa makanan fermentasi diatas. Selamat mencoba dan semoga selalu diberikan kesehatan. Aamiin

| Menu Makanan Fermentasi yang Menyehatkan Tubuh

 

Ayu Anggraeni

Berbagai Menu Makanan Fermentasi yang Menyehatkan Tubuh Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Zaman sekarang telah banyak orang yang mengaplikasikan makanan dan salah satunya yaitu dengan cara difermentasikan. Fermentasi merupakan praktek pengawetan makanan dengan menggunakan mikroba. Makanan yang difermentasikan juga banyak digunakan untuk pengobatan. Kaitan antara makanan...
Makanan Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *